Home / Ciamis / Milenial

Kamis, 15 Juli 2021 - 08:49 WIB

Upayakan Kembali Budaya Literasi, PMII IAID Ciamis Gelar Gerakan Sadar Membaca

Gentra Priangan - 

Komisariat PMII IAD Kabupaten Ciamis menggelar kegiatan sadar membaca (foto: GentraPriangan)

i

Komisariat PMII IAD Kabupaten Ciamis menggelar kegiatan sadar membaca (foto: GentraPriangan)

Tasikmalaya – Pengurus Komisariat (PK) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Darussalam Cabang Ciamis laksanakan kegiatan rutin GARAM (Gerakan Sadar Membaca) di sekretariat PMII IAID Ciamis Jl Ciloa, Cijengjing Kab.Ciamis, Rabu (14/07/21).

Kegiatan ini di hadiri oleh beberapa mahasiswa, anggota dan Kader PK. PMII IAID Ciamis yang sadar akan literasi, dari kegiatan garam ini mahasiswa membawa bukunya Masing-masing.

Ketua Komisariat IAID selaku penyelenggara mengatakan seiring berjalannya waktu dan bertambahnya aktivitas, apalagi ketika sudah menjadi mahasiswa dengan jadwal yang padat, kebiasaan membaca buku yang ditanam sejak kecil perlahan mulai dilupakan.

Baca Juga  Mengenal Lebih Dekat Miara, Selebgram dan Pengusaha Muda Asal Tasikmalaya

“diberikan waktu rengang dalam beberapa bulan untuk mahasiswa itu bukan untuk liburan, namun sebagai pergantian tugas ataupun kewajiban. Dalam istilah arabnya “Ar-rohatu fi tabadulil a’mal” yang artinya istirahat (liburan) adalah pindahnya pekerjaan dari satu kepada yang lainnya. Jadi kembali terhadap mahasiswanya itu sendiri, bagaimana memanfaatkan waktu semaksimal dalam liburan masa renggang liburan tahun ini”ucap ketua.

Salah satu mahasiswa yang menjadi peserta Lutfi Murtadho mengungkapkan bahwa membaca dan merupakan hakikat pekerjaan manusia sebagai bentuk eksistensi manusia yang bebas.

“jadi ketika manusia melakukan pekerjaan dengan adanya kebebasan tidak terikat oleh siapapun, manusia akan menemukan dirinya sendiri. Tetapi pada faktnya sekarang para pekerja tidak bebas, merasa keterasingan dengan pekerjaanya itu” ucap Lutfi.

Baca Juga  Layang Lakbok Festival 2019 Curi Perhatian Wisatawan Asing

Karena pentingnya literasi untuk mengembangkan budaya membaca,menulis dan berbicara. kegiatan GARAM ini merupakan sebuah pergerakan untuk memperdalam intelektual anggota dan kader PMII Darussalam Kampus Institut Agama Islam Darussalam (IAID) Ciamis. PMII sebagai organisasi yang berorientasi terhadap kader dalam Ideologi bukan dalam profit, oleh karena itu kegiatan ini ditujukan agar tertanamnya ideologi terhadap kader dan anggota, selebihnya untuk menambah wawasan intelektual.

Editor: Dadan Nurdani

Share :

Baca Juga

Milenial

Kangen Masuk Sekolah, Anak-anak Antusias Ikut Vaksinasi

Milenial

Ajak Kadernya Melek Media, PMII Universitas Perjuangan Kaji Analisis Media

Berita

Keren! Desa di Ciamis Bangun Lapangan Mini Soccer Berkelas Internasional Pakai Dana Desa

Berita

Layang Lakbok Festival 2019 Curi Perhatian Wisatawan Asing

Milenial

Maknai Hari Jadi Kabupaten Tasikmalaya, Inilah Harapan Milenial Kepada Pemerintah

Berita

DPRD Temukan Kerusakan Hutan dan Lingkungan Di Pembangunan Jalan Poros Tengah Garut

Garut

Buat Poster Curahan Hati Masyarakat, Cara Aksi Pemuda Desa Tanpa Melanggar Prokes

Berita

HPN 2021, Bupati Ciamis: Pers Sebagai Akselerator Perubahan

Dapatkan Update Berita Dari Kami