3 Website yang Dapat Bantu Pemilih Muda Menentukan Pilihan saat Pemilu

- Penulis

Rabu, 7 Februari 2024

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

ilustrasi Pemungutan Suara

i

ilustrasi Pemungutan Suara

Milenial – Tinggal menghitung hari menuju Pemilihan Umum. Tepat pada tanggal 14 Februari 2024, masyarakat Indonesia menentukan pilihannnya secara serentak menuju Tempat Pemungutan Suara. Baik untuk memilih pasangan Presiden dan Wakil Presiden, atau memilih calon legislatif dari DPR RI, DPD RI, DPRD dan DPRD Provinsi.

Dari sekian banyak pilihan, ternyata masih banyak orang-orang terutama pemilih muda yang kebingungan dalam menentukan calon pilihannya.

Terdapat tiga situs website yang dapat digunakan oleh para pemilihuntuk mendapatkan referensi terkait informasi, ideologi, prestasi, afiliasi partai serta rekam jejak para kandidat. Informasi tersebut dapat membantu pemilih muda dalam mempertimbangkan serta menentukan calon pilihan saat pemilu 2024.

Bijak Memilih.id

Tampilan utama situs Web BijakMemilih,id

Bijakmemilih.id merupakan Situs Website yang tercipta dari gerakan independen. Diprakarsai oleh @thinkpolicyid dan @whatisupindonesia hadir untuk membantu generasi muda dalam menentukan pilihan pada pemilu 2024.

Website ini menyajikan informasi mengenai isu-isu politik, partai, dan calon presiden yang relevan dengan pemilu. Hal ini bertujuan untuk memandu pemilih dalam memahami latar belakang, afiliasi partai, dukungan, dan visi calon presiden dan wakil presiden. Selain itu paltform ini menawarkan fitur-fitur seperti ideologi partai, situs resmi partai dan media sosial, serta sejarah kandidat.

Baca Juga :  Aksi Terpuji Siswa SMPN 3 Tasikmalaya Patungan Belikan Sepatu Untuk Teman Kelasnya

Bekerja sama dengan berbagai organisasi seperti ICW, KPU, dan KPK untuk memberikan informasi yang komprehensif dan transparan untuk memberdayakan generasi muda dalam mengambil keputusan yang tepat pada pemilu mendatang.

Bijak Memilih.id menekankan independensi dan transparansinya, dengan menyatakan bahwa mereka tidak berafiliasi dengan partai politik atau kandidat perseorangan mana pun. Ini juga mengungkapkan sumber informasinya dan bertujuan untuk memberikan beragam perspektif untuk membantu pembaca membuat keputusan yang tepat.

Rekamjejak.net

Tampilan Utama Situs Web Rekamjejak.net

Rekamjejak.net   merupakan situs web  yang dibuat oleh Indonesia Corruption Watch (ICW) pada tahun 2015 sebagai database komprehensif calon anggota parlemen pertama di negara ini. Kemudian pada tahun 2023 oleh ICW diluncurkan kembali sebagai persiapan pemilu legislatif 2024.

Website ini memberikan akses data dan informasi terkait rekam jejak pejabat publik, temuan korupsi, serta profil calon anggota legislatif. Melalui situs ini, pengguna dapat mencari informasi terkait kasus korupsi yang melibatkan anggota legislatif dan kepala daerah, serta memperoleh data terkait profil calon anggota legislatif, khususnya yang bersinggungan dengan kasus korupsi.

Baca Juga :  Pemilih Muda.id Garut Suarakan Dukungan pada Paslon nomor 2

Tujuan website ini adalah untuk meningkatkan literasi pemilih dan kesadaran akan pentingnya memantau jejak para pejabat publik. Sehingga para pemilih muda dapat mengetahui informasi terkait rekam jejak para kandidat

Pemilu.jatam.org

Tampilan Utama Situs Web Pemilu.Jatam.org

Website Pemilu.jatam.org diluncurkan oleh JATAM (Jaringan Advokasi Tambang), sebuah organisasi yang fokus pada isu hak asasi manusia, gender, lingkungan hidup, masyarakat adat, dan keadilan sosial di industri pertambangan dan minyak dan gas.

Website tersebut memuat informasi berupa tentang profil para tokoh, dari rekam jejak, jaringan perusahaan, terutama jejaring perusahaan yang dimilikinya. Dalam website tersebut juga dipaparkan siapa sosok-sosok pendukung di balik koalisi yang sebagian besar merupakan pengusaha.

Webiste ini dapat dijadikan referensi bagi pemilih dalam mengenali sosok-sosok di belakang para masing-masing pada kandidat baik dari segi partai dan juga korporasinya.

Berita Terkait

Mengenal Reynaldi Agus Prassetiyo Finalis Putra Pendidikan Jabar
Partisipasi Perempuan sebagai Peserta Pemilu 2024 di Garut
Dua Isu yang Menarik Bagi Pemilih Muda di Pemilu 2024
Partisipasi Generasi Muda dalam Terciptanya Pemilu Demokratis
Generasi Muda Tunjukkan Keberagaman Inklusif Lewat Film Dokumenter
Ganjar Pranowo: Manfaatkan Teknologi untuk Mendekati Kaum Milenial
Raju, Fokus pada Misi Pendidikan.
Aksi Sawer Duit, IPNU Garut: Edukasi Tidak Mendidik Bagi Iklim Politik
Berita ini 28 kali dibaca

Berita Terkait

Sabtu, 24 Februari 2024 - 17:39 WIB

Sejumlah Massa Serbu Rumah Pemenangan Caleg di Tasikmalaya

Jumat, 23 Februari 2024 - 15:05 WIB

2 Oknum Polisi Terlibat Kasus Pencurian dengan Kekerasan di Garut

Kamis, 22 Februari 2024 - 18:49 WIB

Mengenal Reynaldi Agus Prassetiyo Finalis Putra Pendidikan Jabar

Sabtu, 10 Februari 2024 - 20:48 WIB

PMK Kembali Merebak di Garut, Diskanak Perketat Pembelian Ternak

Jumat, 9 Februari 2024 - 19:52 WIB

Mahasiswa Tasikmalaya Tanggapi Deklarasi Pemilu Damai oleh Petinggi Kampus

Kamis, 8 Februari 2024 - 18:11 WIB

Keluarga Besar Persis Deklarasikan Dukung Anies Muhaimin di Garut

Kamis, 8 Februari 2024 - 15:17 WIB

Anies Serukan Warga Garut Jangan Takut Perubahan

Rabu, 7 Februari 2024 - 19:46 WIB

Peringati Hari Jadi Garut, Pemda Kabupaten Garut Rilis Logo Baru

Berita Terbaru

Sejumlah massa yang tergabung dalam Gerakan Masyarakat Penyelamat Demokrasi Tasikmalaya (GRPDT menyerbu salah satu rumah pemenangan Calon Legislattif partai PSI di Kota Tasikmalaya umat (23/2/2024).

Berita

Sejumlah Massa Serbu Rumah Pemenangan Caleg di Tasikmalaya

Sabtu, 24 Feb 2024 - 17:39 WIB