Home / Gaya Hidup / Wisata

Rabu, 8 Januari 2020 - 12:24 WIB

Tips Mendaki Gunung Yang Harus Diketahui Para Pendaki

Gentra Priangan - 

i

Indonesia memiliki kekayaan alam yang luar biasa. Bukan hanya Lautnya yang luas saja, tetapi juga banyak Gunung yang indah di setiap wilayah di Indonesia.

Hal inilah yang membuat perkembangan adanya kegiatan mendaki Gunung di Indonesia sangat banyak di lakukan, bukan hanya pecinta alam saja, tetapi banyak juga para pemula yang ingin mencoba sensasi dari kegiatan mendaki Gunung ini.

Untuk itu, bagi kalian yang memliki rencana untuk mendaki Gunung, berikut (gentrapriangan.com) akan memberikan tips apa saja yang harus di lakukan sebelum mendaki Gunung.

Berikut hal yang harus di lakukan sebelum melakukan kegiatan pendakian Gunung, yaitu :

1. Menentukan Lokasi Gunung Yang Akan Di Daki.

Hal yang perlu di lakukan sebelum mendaki Gunung yang pertama adalah dengan menentukan lokasi terlebih dahulu.

Kemudian yang perlu di lakukan adalah melakukan riset atau mencari informasi lokasi pendakian terlebih dahulu bisa dengan melalui internet, ataupun bertanya kepada orang yang pernah mendaki sebelumnya. Dengan mengumpulkan informasi mengenai Lokasi Basecamp, jumlah pos, sumber air, serta treck yang akan di lalui.

Baca Juga  Wali Kota Imbau Pemuda Bandung Segerakan Menikah Jika Sudah Siap

2. Melakukan Persiapan Fisik Dengan Berolahraga.

Mendaki Gunung membutuhkan fisik dan mental yang baik. Oleh karena itu, disarankan untuk melakukan olahraga sebelum melakukan pendakian. Olahraga yang biasa dilakukan biasanya dengan jogging atau lari.

3. Bawa Barang Yang Akan Di Perlukan Saja.

Mendaki gunung bukanlah perkara mudah yang dapat di sepelekan, perlu persiapan yang baik karena harus menggendong barang bawaan di punggungmu. Ditambah jalurnya yang turun dan naik.

Maka pastikan barang yang di bawa barang yang penting saja. Bawalah barang seperti pakaian tebal secukupnya, obat-obatan, persediaan makanan, sleeping bag, Headlamp atau senter ,jaket gunung, dan barang-barang penting lainnya.

Baca Juga  Cover Mars IPPNU Versi SKA, Pelajar NU Tasikmalaya Dapat Apresiasi

4. Jaga Kesehatan Serta Kondisi Tubuh.

Tentunya ketika mendaki yang paling penting adalah dalam keadaan sehat. Jangan paksakan mendaki ketika sedang tidak prima. Selain membahayakan diri sendiri, hal ini juga akan merepotkan teman-temanmu jika tetap memaksakannya.

Jangan lupa konsumsi sayur, buah dan vitamin agar tetap sehat.

5. Jangan Merasa Gengsi Untuk Meminta Beristirahat.

Karena mendaki gunung ini akan berjalan jauh dengan treck turun, naik, serta membawa beban di punggung, maka akan cukup menguras tenaga, tetapi jangan merasa gengsi untuk meminta istirahat terlebih dahulu.

6. Ikuti Etika Mendaki Gunung

Etika dalam mendaki Gunung ini sangat wajib di lakukan pendaki, demi keselamatan dan kenyamanan pendaki lainnya, seperti jangan mengambil apapun selain gambar dan jangan meninggalkan apapun selain jejak, serta hormati mitos atau kepercayaan masyarakat di sekitar Gunung tersebut.

Share :

Baca Juga

Garut

Penggiat Instagram di Garut Adakan Silat Lidah Camp, Catat Tanggalnya!

Inspirasi

Dini Asmiatul Amanah Raih Gelar Juara Runner Up 1 Puteri Wisata Seni Jabar

Garut

Pemkab Garut Siapkan Destinasi Wisata Berbasis Digital Tourism

Gaya Hidup

Lucu, Edit Wajah Menjadi Tua Pake Aplikasi Ini

Garut

Pemkab Garut Akan Evaluasi Terkait Pembukaan Tempat Wisata

Bandung

Pemkot Bandung Akan Sulap Drainase Koridor Guntursari Wetan Jadi Wisata Air

Garut

Keren, Film Safar Ciduh Metu Tayang Hari Ini

Wisata

Situ Cibeureum Tasikmalaya