Home / Garut / Wisata

Selasa, 24 Desember 2019 - 16:50 WIB

Situ Rancahideung, Danau Mempesona di Garut Selatan

Gentra Priangan - 

i

Garut РKabupaten Garut memang dikenal memiliki banyak potensi alam yang layak di jadikan sebagai objek wisata alam, terutama objek wisata alam curug. Namun selain objek wisata Curug, Daerah Garut Selatan juga memiliki objek wisata Situ atau danau, yaitu Situ Ranca Hideung yang berlokasi di Kampung Sukalila, Desa Cihurip, Kecamatan Cihurip Garut.

Situ Ranca Hideung adalah sebuah danau yang memiliki luas sekitar 3,5 Hektare dan terbentuk secara alami. Situ Ranca Hideung juga dijadikan sebagai sumber mata air yang dipergunakan warga sekitar untuk mengairi sawah, termasuk sebagai sumber cadangan air pada musim kemarau.

Ketika anda berkunjung kemari, anda akan dimanjakan dengan pemandangan yang indah dan asri. Di sekeliling danau anda dapat melihat perbukitan hijau perkampungan dan hamparan persawahan yang sangat luas. Anda dapat menjelajahi Situ Ranca Hideung dengan menggunakan rakit bambu yang dibuat warga setempat. Tempat ini juga cocok dijadikan tempat untuk memancing teruntuk bagi anda yang memiliki hobi memancing.

Baca Juga  Cegah Penyebaran Covid-19, Pemkab Garut Gelar Operasi Yustisi

Selain memancing, anda juga dapat bermalam di sekitar pinggiran Situ Ranca Hideung dengan mendirikan tenda untuk berkemah. Anda dapat melewati suasana malam hari di Situ Ranca Hideung sekaligus menyaksikan pemandangan pagi yang indah dari Situ Ranca Hideung. Maka tidak heran jika banyak penggemar fotografi atau swafoto yang sengaja mengunjungi situ ranca hideung untuk mengabadikan foto yang aesthetic untuk diunggah di media sosial.

Ada cerita menarik dibalik indahnya pemandangan di Situ ranca hideung. Yaitu terdapat mitos disekitar masyarakat sekitar bahwa ketika seseorang memasukan kaki atau tubuhnya ke air danau, maka akan muncul bitnik bintik hitam seperti tahi lalat di bagian kulit yang terkena air danau seperti tahi lalat. Namun jangan kahawatir, karena cerita tersebut hanya mitos belaka dan belum terbukti kebenaranya.

Baca Juga  Perjalanan Dengkul Ketemu Dada, Terbayar Dengan Keindahan Curug Cinila

Apabila kita butuh tempat hiburan untuk berwisata, Situ Ranca Hideung Layak dijadikan alternatif untuk kita kunjungi. Dengan suasana alam yang masih asri serta dikelilingi banyak pepohonan rindang sehingga bisa membantu kita lepas sejenak dari kesibukan suasana kota.Terletak di Desa Cihurip, Kecamatan Cihurip, Kabupaten Garut, Situ Ranca Hideung bisa kita tempuh sekitar dua Jam dari pusat Kota Garut, selain kita bisa menikmati keindahan alam yang masih asri, kita juga bisa berlayar mengitari situ dengan menggunakan perahu rakit dan berwisata air mengunakan perahu.

Untuk tiket sendiri hanya di kenakan tarif sekitar Rp. 5.000 Permotor atau biaya Parkir saja.

Share :

Baca Juga

Berita

Ditetapkan Zona Merah Corona, Satu Kampung di Garut Diisolasi

Berita

Pabrik Dodol dan Surpet di Garut Ludes Terbakar, Kerugian Mencapai Miliaran Rupiah

Berita

Aksi Cinta Lingkungan, Garut Bersatu Bagikan Tanaman Gratis

Berita

Kasus Covid-19 di Pesantren Garut Meningkat, Sejumlah Ponpes Diminta Perketat Protokol Kesehatan

Berita

Ribuan Mahasiswa UNIGA Ikut Pelatihan Bela Negara

Berita

Menuju Libur Tahun Baru, Wisata Pantai di Garut Dipercantik

Berita

Protes Syarat Usia CPNS, Ribuan Guru Honorer di Garut Gelar Demonstrasi

Berita

Peringatan HUT RI ke-75 Tetap Patuhi Protokol Kesehatan Pencegahan Covid-19

Dapatkan Update Berita Dari Kami