Selain Dodol, Berikut 10 Oleh-oleh Khas Garut yang Wajib Dicoba

- Penulis

Senin, 15 Maret 2021

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Berikut Daftar 10 Oleh-oleh khas Garut yang wajib dicaoba. Foto: Sahrul Imam / Gentra Priangan.

i

Berikut Daftar 10 Oleh-oleh khas Garut yang wajib dicaoba. Foto: Sahrul Imam / Gentra Priangan.

Garut –  Setiap daerah pasti memiliki oleh-oleh khas yang beragam dan unik. Karena itu setiap kali kita jalan-jalan ke suatu daerah tentunya tidak ingin melewatkan momen mencari oleh-oleh, baik untuk dinikmati sendiri ataupun untuk diberikan kepada kerabat ataupun teman.

Soal kuliner, Garut dikenal sebagai kota dodol. Makanan manis yang berbahan dasar tepung dan gula ini sudah terkenal banget sekaligus sebagai ikon kota Garut yang selalu jadi oleh-oleh wisatawan sepulang dari Garut. Masih banyak olahan makanan enak dan menjadi produk unggulan yang di cari para wisatawan, berikut 10 Daftar makanan oleh oleh khas Garut yang wajib kalian coba:

  1. Dodol Garut

Dodol Garut merupakan salah satu komoditas yang telah mampu mengangkat citra Kabupaten Garut sebagai penghasil Dodol yang berkualitas tinggi dan beraneka ragam jenis Dodol yang diproduksi. Dodol Garut ini dikenal luas karena rasanya yang khas dan kelenturan yang berbeda dari produk yang sejenis dari daerah lain. Dan kini dodol menjadi ikon kota Garut serta tentunya makanan ini menjadi oleh oleh wajib saat berkunjung ke Garut

  1. Chocodot

Saat ini Garut tak hanya terkenal dengan dodol dan dombanya, tetapi chocodot saat ini sudah mulai bersaing untuk mendapatkan ketenaran di Garut. Chocodot awalnya ditemukan oleh seorang yang bernama Kiki Gumelar. Awalnya chocodot ditemukan ketika secara tidak sengaja Kiki Gumelar menjatuhkan dodol ke dalam adonan coklat, ketika dodol tersebut diambilnya ternyata rasanya sungguh enak. Berdasarkan hal tersebut munculah ide pembuatan coklat dodol yang saat ini disebut dengan chocodot.

Chocodot kini menjadi makanan oleh oleh khas Garut selain dodol yang sama sama dapat memanjakan lidah bagi siapa saja yang mecicipinya.

  1. Baso Aci

Sesuai namanya baso aci maka bahan yang digunakan adalah tepung aci atau tapioka kemudian diolah dengan bumbu khas Garut. Biasanya baso aci disajikan dengan tahu, ceker ayam, maupun topping lainnya.

Kini baso aci menjadi oleh oleh khas Garut yang baru di kenalkan lewat kegiatan festival dan banyaknya para pelaku usaha kuliner yang menjual baso aci.

  1. Moring
Baca Juga :  Audiensi ke DPRD, PMII Minta BPBD Didorong Untuk Meningkatkan Kewaspadaan Bencana

Cemilan asal Garut ini memang dibuat dari cimol yang dipotong tipis-tipis kemudian digoreng. Moring seringkali diburu wisatawan untuk dijadikan oleh-oleh. Saat ini, kuliner khas Garut tersebut sudah tersedia dalam berbagai rasa, mulai dari pedas dan juga keju.

  1. Burayot

Burayot adalah kuliner khas Garut berbentuk unik yang diambil dari bahasa Sunda. Bahan burayot berasa dari campuran gula merah yang dipadu dengan tepung beras dan kacang tanah. Proses pembuatan itu dikombinasikan dengan minyak kelapa. Rasanya yang manis serta legit membuat makanan ini sering diburu oleh para wisatawan yang berkunjung.

  1. Angleng

Angleng merupakan makanan yang terbuat dari gula, ketan, dan kelapa yang dibungkus dengan daun jagung kering. Bila dilihat dari tampilannya, angleng terlihat sama dengan wajit. Namun bila sudah dirasa akan terlihat perbedaannya.

Wajit memiliki tekstur yang lebih kasar karena masih menyisakan butir dari ketan yang ditumbuk, sedangkan angleng lebih halus secara tekstur karena ketan ditumbuk rapih sehingga menjadi tepung. Angleng cocok banget buat jadi cemilan buat kamu yang suka manis.

  1. Kue Balok

Sama seperti burayot, kue balok juga banyak dijual di sepanjang jalan Kadungora dan Leles. Kue Balok sekilas sama seperti kue pancong/pukis. Kue balok dibuat dengan cara dibakar menggunakan arang di bawah cetakan dan juga dipanaskan menggunakan arang diatas kuenya. Kue balok memiliki bentuk yang relatif lebih besar ketimbang kue pancong dengan tekstur yang kering dan lebih padat.

Kini kue balok sudah memiliki banyak variasi rasa mengikuti yang perkembangan zaman. Namun bila kamu mencari rasa yang otentik dari kue satu ini, kue balok dari Garut sangat layak dicoba dan dibawa sebagai oleh-oleh sepulang dari Garut.

  1. Emplod

Emplod atau endog lewo adalah snack yang berbahan dasar tepung dan singkong yang berbentuk bulat seperti cimol kering. Makanan ini berasal dari daerah Lewo di kecamatan Malangbong, Garut. Oleh karena itu, makanan ini diberi nama endog lewo yang berarti telur lewo.

Baca Juga :  BNNK Garut Gandeng Diskominfo Tingkatkan Diseminasi Informasi Mengenai Bahaya Narkoba

Makanan ini bertekstur renyah, walaupun tidak ditambahkan pengawet. Secara rasa endog lewo memiliki rasa gurih dengan aroma singkong, namun karena perkembangan zaman endog lewo kini memiliki banyak varian rasa yang disesuaikan keinginan konsumen.

Endog lewo bisa ditemui di toko oleh-oleh dan sangat cocok dibawa pulang buat kamu yang suka nyemil.

  1. Dorokdok dan Kerupuk Kulit berbahan dasar kulit sapi yang dikeringkan seperti kerupuk, dan kemudian digoreng menggunakan minyak. Dorokdok memiliki rasa yang gurih dan renyah. Dorokdok juga banyak ditemukan diberbagai tempat di Garut. Dorokdok cocok banget buat kamu bawa pulang sebagai cemilan ataupun teman makan nasi.

Selain dorokdok, kerupuk kulit juga menjadi oleh-oleh khas Garut lain yang berbahan dasar kulit sapi. Perbedaannya terletak dari rasa, krupuk kulit memiliki rasa yang lebih manis karena diolah menggunakan gula dan rempah rempah. Dan ketika dimakan kerupuk kulit berasa renyah ketika digigit dan lengket di mulut. Untuk bisa membedakannya, kamu harus coba deh keduanya.

  1. Nasi Liwet

Layaknya mie instan, nasi liwet ini bisa dimasak dengan mudah. Beras, bumbu, minyak sayur dan semua perlengkapan tinggal dimasukkan ke dalam panci masak atau penanak nasi elektronik. Untuk ukuran 250 gram, beras liwet instan dimasak dalam 600 mililiter air selama 20 menit. Ukuran 500 gram beras dimasak dalam 850 mililiter air selama 25 menit.

Aroma nasi liwet sangat menyengat hidung, saat makan hampir matang. Setelah masak, nasi pulen ini seperti nempel di lidah.

Sekarang kalo ke Garut enggak cuma tahu dodol doang kan? Kamu pun bisa membawa berbagai olahan makanan yang menjadi oleh oleh khas dari Garut.

Berita Terkait

Terinspirasi Perjuangan Kartini, Tsoht Rilis Single Terbaru
Masa Akhir Tahapan Pemilu 2024, Panwascam Cibiuk Gelar Press Release Hasil Kerja Pengawasan
Cek Kelayakan Kendaraan Dilakukan Petugas Antisipasi Kecelakaan
Asesmen Wilayah Terdampak Bencana Alam di Kabupaten Garut
Beras Lokal Garut Meroket Jelang Ramadan
Warga Tertimpa Pohon Tumbang Dievakuasi Polisi
DMI Kecamatan se-Kab Garut Dapat Bantuan Alat Kebersihan
Partisipasi Pemilu Masyarakat Garut Melebihi Target
Berita ini 340 kali dibaca

Berita Terkait

Minggu, 21 April 2024 - 16:40 WIB

Terinspirasi Perjuangan Kartini, Tsoht Rilis Single Terbaru

Rabu, 20 Maret 2024 - 12:10 WIB

Cek Kelayakan Kendaraan Dilakukan Petugas Antisipasi Kecelakaan

Minggu, 10 Maret 2024 - 15:42 WIB

Asesmen Wilayah Terdampak Bencana Alam di Kabupaten Garut

Minggu, 10 Maret 2024 - 13:51 WIB

Beras Lokal Garut Meroket Jelang Ramadan

Minggu, 10 Maret 2024 - 12:31 WIB

Warga Tertimpa Pohon Tumbang Dievakuasi Polisi

Jumat, 8 Maret 2024 - 21:52 WIB

DMI Kecamatan se-Kab Garut Dapat Bantuan Alat Kebersihan

Jumat, 8 Maret 2024 - 21:28 WIB

Partisipasi Pemilu Masyarakat Garut Melebihi Target

Jumat, 8 Maret 2024 - 13:33 WIB

Keterwakilan Perempuan dalam Pemilu Legislatif 2024 Kab. Garut

Berita Terbaru

Momen perayaan Intimate Hearing Session Penemuan 'Kartini' di

Berita

Terinspirasi Perjuangan Kartini, Tsoht Rilis Single Terbaru

Minggu, 21 Apr 2024 - 16:40 WIB