Home / Garut / Kuliner

Selasa, 23 Maret 2021 - 21:04 WIB

RM Sugema Raya Tawarkan Puluhan Menu Masakan dengan Konsep Parasmanan

Gentra Priangan - 

Pengunjung terlihat sedang memilih menu masakan di rumah makan sugema raya. Foto: Sahrul Imam/Gentra Priangan

i

Pengunjung terlihat sedang memilih menu masakan di rumah makan sugema raya. Foto: Sahrul Imam/Gentra Priangan

Garut – Selain dikenal karena keindahan alamnya, berbicara soal kuliner pun Garut adalah salah satu daerah yang memiliki banyak olahan makanan atau kuliner yang wajib untuk dicoba dan juga cocok jika dijadikan sebagai tujuan untuk berwisata kuliner.

Tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke Garut tidak mampir ke rumah makan yang satu ini. Selain bisa makan bersama keluarga dengan harga yang relatif terjangkau, rumah makan ini juga menyediakan ragam menu masakan khas sunda lengkap beserta jenis sambal dan juga lalabanya dengan konsep “Abragan” atau parasmanan.

Tempat tersebut yaitu rumah makan ‘’Sugema Raya” yang berada di Jalan Suherman, Ciateul, Kabupaten Garut.

Pemilik RM Sugema Raya, Maharaya Azriel mengatakan, jika konsep parasmanan ini sebetulnya dibuat berdasarkan kesepakatan keluarga dengan tujuan agar pengunjung lebih santai dan menikmati juga terkesan seperti sedang makan di rumah sendiri.

“Untuk konsep parasmanan ini dibuat berdasarkan kesepakatan keluarga yang ingin memiliki brand rumah makan dengan konsep Home me, maksudnya agar pengunjung yang makan disini merasa nyaman, santai dan menikmati seperti kesannya sedang makan dirumah sendiri. Tujuanya juga agar pengunjung yang datang kesini tidak merasa segan, takut kemahalan harganya, makanya kita buat konsep parasmanan ini agar orang-orang mengenal rumah makan sugema ini rumah makan yang cocok untuk semua kalangan.” katanya kepada Gentrapriangan.com Selasa (23/3/2021).

Baca Juga  Resmi Dilantik, PD DMI Garut Siap Besinergi Dengan Semua Pihak

Maharaya menambahkan, bahwa keluargnya sudah memulai usaha kuliner sejak tahun 1990. Namun untuk RM Sugema Raya Sendiri pertama membuka cabang di Garut pada tahun 2018 di Jalan Karangpawitan, kemudian satu tahun berselang kembali membuka cabang di Jalan Suherman, Ciateul Kabupaten Garut.

“Awalnya usaha dibidang kuliner ini sudah dimulai oleh keluarga saya pada tahun 1990 di Tasikmalaya, Namun untuk rumah makan Sugema Raya sendiri itu membuka cabang pertama kali di Garut pada tahun 2018 di Jalan Karangpawitan, kemudian satu tahun berselang membuka cabang kedua di Ciateul ini,” ujarnya.

Selain lokasinya yang strategis, rumah makan khas sunda ini juga menawarkan lebih dari satu jenis sajian nasi dilengkapi dengan beragam menu masakan dan juga menyediakan lebih dari satu jenis sambal dan lalaban. Suasananya yang nyaman diiringi lagu khas pedesaan dan ornamen ciri khas rumah makan sunda yaitu dengan bambu-bambu serta menggunakan piring seng sebagai alasnya menjadi ciri khas tersendiri.

Baca Juga  Gubernur Jabar Resmikan Jembatan Gantung Desa di Garut

“Di rumah makan ini menawarkan berbagai macam nasi seperti nasi bakar teri, nasi bakar oncom, nasi merah, nasi putih dan juga nasi liwet dan juga menyajikan sekitar 90 lebih menu masakan ditambah dengan 5 varian sambal dan juga 10 jenis lalaban. Pengunjung yang makan disini dengan adanya konsep parasamanan jadi bebas mengambil sendiri sesuai dengan keingininya,” tuturnya.

Diantara beragam sajian nasi dan banyaknya pilihan menu masakan beserta sambal dan lalabanya. Maharaya menyebutkan beberapa menu masakan yang menjadi favorit pengunjung yaitu seperti beragam masakan dari iga sapi dan kambing juga ayam kampung serta ikan gurame.

“Dari banyaknya varian masakan yang ada disini tentunya setiap pengunjung memiliki menu makanan favorit masing-masing. Namun, yang paling menjadi favorit pengunjung yaitu seperti iga bakar, sop iga, sop kaki sapi, gulai iga, gulai iga kambing, ayam kampung, ikan gurame dan juga kentang mustopa,’’ jelasnya.

Rumah makan Sugema Raya ini memiliki jam operasional dari jam 08.00 – 21:30 WIB dan buka setiap hari.

Share :

Baca Juga

Berita

Guru SMP di Garut Meninggal di Sekolah Saat Sedang Mengisi e-Rapor

Garut

Denda Pelanggar PPKM Darurat di Garut Capai 100 Juta Rupiah

Garut

Baso Aci Ciomy Kini Hadir di Garut

Berita

Pasca Pilkades, DPRD Garut Buka Posko Pengaduan

Berita

Maling Curi Laptop dan Hp di Kontrakan Mahasiswa

Berita

Pria Asal Garut Tipu Warga Punya Uang Gaib

Berita

Pasien Positif COVID-19 di Garut Bertambah Jadi 135 Orang

Berita

Nikmati Sensasi Ngopi Suasana Bali di Wisata Domba Coger