Home / Berita / Bogor

Jumat, 21 Agustus 2020 - 09:43 WIB

Resmi Berdiri, AJWI Bogor Raya Siap Edukasi Masyarakat Melalui Pelatihan Jurnalistik

Gentra Priangan - 

i

Bogor – Asosiasi Jurnalis Warga Indonesia ( AJWI ) Bogor Raya menggelar Rapat Koordinasi Pembentukan kepengurusan AJWI Bogor Raya di Pokdal Karang Taruna Cibinong Kabupaten Bogor, kamis (20/8).

Dalam rapat tersebut diagendakan dua kegiatan, antara lain pembahasan dan penetapan susunan pengurus masa bakti 2020 – 2025 serta pembentukan Panitia Pelantikan dan Pengukuhan Pengurus AJWI Bogor Raya. Acara dihadiri oleh 20 orang calon pengurus yang kemudian dikukuhkan. Hal tersebut telah memenuhi syarat sebagaimana yang tertera dalam AD/ART AJWI pasal 9 poin C tentang pembentukan pengurus tingkat Kabupaten/Kota menyebutkan bahwa sebuah rapat dianggap sah apabila dihadiri minimum 17 orang.

“Saya selaku pemegang mandat dari Dewan Pimpinan Pusat AJWI untuk membuka kepengurusan di Wilayah Jawa Barat khususnya Kabupaten/Kota Bogor sudah melakukan komunikasi dengan teman-teman yang dilibatkan dalam kepengurusan maka tersusunlah kepengurusan yang kita tindaklanjuti melalui rapat hari ini”, kata Nimbrod Rungga, Ketua AJWI Bogor Raya.

Baca Juga  Vaksin Covid-19 Akan Tiba di Tasikmalaya pada 22 Januari 2021

Dia juga menjelaskan bahwa AJWI berdiri sejak tanggal 12 Maret 2012, dimana AJWI bergiat pada kemitraan baik dalam negeri maupun luar negeri untuk memberikan edukasi dan pelatihan jurnalis.

Dalam UU Pers No. 40 thn 1999 menyebutkan secara umum 5 fungsi pers bagi masyarakat, diantaranya sebagai media informasi, media pendidikan, hiburan, kontrol sosial, serta sebagai lembaga ekonomi.

“Berharap AJWI bisa merangkul masyarakat untuk ikut andil dalam menyampaikan informasi yang akurat dan dapat dipertanggung jawabkan dari mulai hulu hingga lihir pedesaan untuk menunjang kemajuan Negera Republik Indonesia” tambahnya lagi.

Bagi AJWI, dengan memberikan edukasi dan pelatihan jurnalistik kepada masyarakat, baik melalui lembaga pendidikan formal seperti sekolah, maupun lembaga non-formal luar sekolah, bisa menciptakan pemahaman yang luas tentang dunia jurnalis sehingga mereka tidak terjerat dengan UU ITE karena ketidakpahaman dalam mengelola informasi yang semakin berkembang.

Baca Juga  2 Remaja Tenggelam Saat Berenang di Sungai Cimanuk

Sejak berdiri, AJWI sudah tampil di kancah Internasional melalui kemitraan kedutaan Besar Luar Negeri untuk menggelar pelatihan Jurnalisme.

“AJWI selain bekerja dalam bidang Informasi dan pelatihan Jurnalis warga, juga dapat bergerak di semua lini usaha, untuk itu AJWI membuka ruang untuk semua elemen masyarakat, masyarakat yang mempunyai misi yang sama dapat bergabung di AJWI,” pungkasnya.

Sementara itu Dewan Pakar AJWI Bogor Dian Asmara memberikan pandangannya kepada pengurus AJWI Bogor Raya agar bekerja sesuai arah dan tujuan program AJWI kedepan.

“Jangan sampai nakhoda dan awak kapal berbeda haluan.Kita sudah punya kompas yaitu AD/ART dan Program Kerja, maka dari itu saya berharap AJWI Bogor Raya berkerja sesuai kompas dan tujuannya,” tegasnya. (MM) 

Share :

Baca Juga

Berita

Perkuat Toleransi, Gusdurian Tasik Adakan Roadshow

Nasional

Viral Remaja Remukkan Mie Instan di Supermarket, Warganet: Nunggu Permintaan Maaf
Ridwan kamil tetapkan jawa barat siaga satu virus corona

Berita

Warga Depok Terkena Virus Corona, Ridwan Kamil Tetapkan Jawa Barat Siaga Satu

Berita

Petugas Gabungan Tertibkan Kendaraan di Area Kawasan Tertib Lalu Lintas

Bandung

Pelaku Usaha Pariwisata di Garut Keluhkan Jalan Nasional Bandung-Garut Terendam Banjir

Garut

Seblak Mewek Menjadi Favorit di Kalangan Anak Muda Garut

Berita

Proyek Reaktivasi PT KAI Menelan Korban di Garut

Berita

Pemkab Garut Berencana Kembangkan Potensi Wisata Gunung Sadahurip