Home / Nasional

Minggu, 25 Juli 2021 - 20:32 WIB

Putuskan PPKM Darurat Diperpanjang, Pemerintah Sebut Sebagai Sikap Waspada

Gentra Priangan - 

Presiden Joko Widodo atau Jokowi saat mengumumkan perpanjangan PPKM Level 4 pada Minggu (25/7/2021).(YouTube/Sekretariat Presiden)

i

Presiden Joko Widodo atau Jokowi saat mengumumkan perpanjangan PPKM Level 4 pada Minggu (25/7/2021).(YouTube/Sekretariat Presiden)

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi umumkan Perpenjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 mulai tanggal 26 Juli sampai 2 Agustus 2021. Kebijaka tersebut diambil pemerintah ditengah tren positif pengendalian pandemi Covid 19 yang merupakan wujud waspada pemerintah terhadap varian delta yang sangat menular.

Presiden Jokowi mengumumkan secara daring melalui saluran Youtube Sekretariat Presiden dari Istana Merdeka, Jakarta, Minggu (25/07/2021).

Presiden menyebutkan kebijakan tersebut diambil setelah mempertimbangkan aspek kesehatan, ekonomi dan dinamika sosial.

Baca Juga  Pasca Ditahan KPK, Muhammad Yusuf Ambil Alih Tugas Wali Kota Tasik

“Pertimbangan aspek kesehatan harus dihitung cermat dan pada saat yang sama aspek sosial ekonomi masyarakat khususnya pemenuhan kebutuhan hidup harus diprioritaskan, dengan mempertimbangkan aspek kesehatan aspek ekonomi dan dinamika sosial. Saya memutuskan melanjutkan penerapan ppkm level 4 dari 26 juli sampai 2 agustus,” kata Jokowi dalam paparan media secara online.

Jokowi menambahkan dalam kebijakan tersebut terdapat beberapa penyesuaian yang menyangkut mobilitas dan aktifitas yang dilaksanakan secara bertahap dan dilakukan dengan ekstra hati-hati.

Baca Juga  Desa Kersamenak Garut Salurkan BLT Dengan Tepat Sasaran

“Pasar rakyat bisa buka dengan protokol kesehatan dan pasar yang tidak menjual kebutuhan pokok bisa buka dengan kapasitas 50% usaha-usaha lainnya diijinkan buka bahkan yang berada di ruang terbuka dengan menerapkan protokol kesehatan dengan maksimun sampai jam 20.00 dengan ketentuan teknis diatur oleh pemerintah daerah” tambah Presiden.

Untuk meringankan beban sosial masyarakat pemerintah meningkatkan pemberian bantuan sosial bagi masyarakat dan bantuan bagi pelaku usaha mikro yang akan disampaikan oleh mentri terkait.

Share :

Baca Juga

Nasional

Aisha Weddings Kampanyekan Nikah Usia Dini, Gusdurian: Segera Tindak Tegas

Nasional

Viral Remaja Remukkan Mie Instan di Supermarket, Warganet: Nunggu Permintaan Maaf

Nasional

BNPB Perpanjang Status Darurat Virus Corona, Ini Alasannya

Nasional

IYS 2021: Deklarasi dan Rekomendasi untuk Indonesia Inklusi

Berita

Ridwan Kamil Dukung Pemindahan Ibu Kota Indonesia

Nasional

Berikut 10 Fakta Tentang Virus Mematikan Corona

Nasional

Shinta Nuriyah Sahur Bersama di Vihara Dhanagun Bogor

Nasional

100 Hari Menjabat, Inilah Kebijakan Jokowi yang Ramai diperbincangkan

Dapatkan Update Berita Dari Kami