Perangkat Desa Gelar Demonstrasi Depan DPR RI

- Penulis

Kamis, 26 Januari 2023

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

PPDI melakukan aksi demo jilid tiga. Massa Aksi menuntut tiga hal, diantara kejelasan status kepegawaian, peningkatan kesejahteraan, penerbitan NIPD nasional,di depan Kantor Dewan Perwakilan Rakyat (DPR RI) Senayan Jalan Gatot Subroto Rabu 25 Januari 2023.

i

PPDI melakukan aksi demo jilid tiga. Massa Aksi menuntut tiga hal, diantara kejelasan status kepegawaian, peningkatan kesejahteraan, penerbitan NIPD nasional,di depan Kantor Dewan Perwakilan Rakyat (DPR RI) Senayan Jalan Gatot Subroto Rabu 25 Januari 2023.

GentraPersatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) melakukan aksi demonstrasi mereka menuntut perpanjangan masa jabatan kepala desa yang sebelumnya enam tahun menjadi sembilan tahun, dan meminta DPR RI merevisi masa jabatan yang diatur dalam UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa yang dilakukan di pelataran Gedung DPR-RI, Rabu (25/01/2023).

Berjejer puluhan bus sepanjang ruas jalanan serta sudah dipenuhi ribuan rombongan perangkat desa semenjak pagi tadi dari mulai jalan Gatot Subroto sampai dengan area depan Gedung DPR, yang mengakibatkan kemacetan hingga diperlukannya rekayasa arus lalu lintas yang dilakukan pihak kepolisian.

Himbauan yang diberikan kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Trunoyudo Wisnu Andiko, agar para demonstran bisa melakukan aksi dengan tetap terbib dan tidak mengganggu para pengguna jalan lainnya.

“Himbauan agar tertib dan menghargai juga hak-hak masyarakat secara umum khususnya pengguna jalan umum lainnya untuk bisa menjalankan aktivitasnya hari ini,” katanya.

Baca Juga :  Sukajadi Termasuk ke Dalam 77 Desa di Cianjur yang Akan Gelar Pilkades Serentak

Kapolres Metro Jakarta Pusat Komisaris Besar Polisi Komarudin mengatakan aksi massa diperkirakan hingga puluhan ribu. Jumlah tersebut berdasarkan pemberitahuan sebelum aksi digelar dan dia memastikan akan menerjunkan personel polisi sebanyak 1.713 untuk mengamankan situasi agar tetap berjalan kondusif.

“Dilihat dari surat edaran aksi PPDI hari ini diperkirakan akan ada perangkat desa sebanyak 15 ribuan yang turun ke jalanan,” ujarnya.

Ketua PPDI Widhi Hartono mengatakan berdasarkan rilis yang dibuat PPDI, massa yang turun berjumlah sekitar 15 ribu. Mereka akan menyuarakan enam tuntutan soal revisi Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014.

“Sebagai perwakilan dari total 1,3 juta perangkat desa se-Indonesia datang ke Gedung DPR RI setelah dimulai dengan pertemuan konsultasi dan penyampaian aspirasi ke Pemerintah yaitu Menteri Dalam Negeri Pak Tito Karnavian pada Selasa tanggal 24 Januari 2023,” tuturnya.

Baca Juga :  Automated Containers Make Organic Urban Farming Feasible

Ada pun tiga tuntuntan utama yang disuarakan oleh massa aksi kali ini mengenai kejelasan status kepegawaian, peningkatan kesejahteraan, dan penerbitan Nomor Induk Perangkat Daerah (NIPD).

Orator lainnya menyebutkan bahwa selain tiga tuntutan utama tersebut, mereka juga menolak usulan Dewan Pimpinan Pusat Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (DPP APDESI) yang menyatakan masa jabatan Perangkat Desa akan dibuat sama seperti masa jabatan Kepala Desa dalam revisi Undang-Undang Desa, mereka meminta agar pasal soal masa jabatan perangkat desa tak diubah, tetap 6 tahun seperti undang-undang saat ini.

“Undang-undang yang akan direvisi oleh anggota DPR sekarang akan merugikan perangkat desa,” pungkasnya.

Berita Terkait

Diduga ODGJ, Perempuan Ini Mencuri Uang
Rezaldi Hehanusa Diboyong Luis Milla Ke Persib
Manunggal Cup Ajang Adu Gengsi Olahraga Futsal Antar Mahasiswa
Ketua KPU Garut Melantik 1.326 Panitia Pemungutan Suara
Logo Hari Jadi Kabupaten Garut Mulai Diperkenalkan ke Publik
Pertandingan Persib Melawan Borneo Terancam Digelar Tanpa Penonton
Pelatih Indonesia Optimis Menang Lawan Vietnam
Pipa PLTM di Bungbulang Jebol Akibat Pergesaran Tanah
Berita ini 14 kali dibaca

Berita Terkait

Kamis, 22 Februari 2024 - 18:49 WIB

Mengenal Reynaldi Agus Prassetiyo Finalis Putra Pendidikan Jabar

Sabtu, 10 Februari 2024 - 20:48 WIB

PMK Kembali Merebak di Garut, Diskanak Perketat Pembelian Ternak

Jumat, 9 Februari 2024 - 19:52 WIB

Mahasiswa Tasikmalaya Tanggapi Deklarasi Pemilu Damai oleh Petinggi Kampus

Kamis, 8 Februari 2024 - 21:04 WIB

Disambut 20 Ribu Santri dan Masyarakat Garut, Ganjar Sampaikan Komitmen Terhadap Guru Ngaji

Kamis, 8 Februari 2024 - 18:11 WIB

Keluarga Besar Persis Deklarasikan Dukung Anies Muhaimin di Garut

Rabu, 7 Februari 2024 - 19:46 WIB

Peringati Hari Jadi Garut, Pemda Kabupaten Garut Rilis Logo Baru

Rabu, 7 Februari 2024 - 13:07 WIB

Waspada Risiko Bencana, KPU Kota Tasikmalaya Siapkan Rumah Aman

Selasa, 6 Februari 2024 - 21:28 WIB

Presiden Jokowi Tetapkan 14 Februari Sebagai Hari Libur Nasional

Berita Terbaru