Home / Budaya / Garut

Jumat, 8 Oktober 2021 - 17:09 WIB

Pengelola Museum RAA Adiwidjaja Keluhkan Minim Pengunjung, Akibat Kurangnya Sosialisasi

Gentra Priangan - 

Museum RAA Adiwidjaja (foto: Adnan/GentraPriangan)

i

Museum RAA Adiwidjaja (foto: Adnan/GentraPriangan)

Garut – Museum R.A.A. Adiwidjaja berada di Jalan Pembangunan No 2 Garut, museum ini adalah museum satu-satunya yang berada di Garut di bawah naungan Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Dinas Kebudayaan.

Museum yang dinamai dengan nama Bupati pertama Garut didirikan pada tahun 2009 yang didalamnya terdapat beberapa benda seperti keris, miniatur-miniatur tempat bersejarah, produk unggulan, alat perkakas, benda-benda pusaka hingga gambaran Garut tempo dulu.

Meskipun musium ini satu-satunya yang berada di Garut dan dapat menjadi sarana wisata edukasi namun kenyataannya belum dapat menarik minat masyarakat untuk mengunjungi.

Salah satu staf museum Rifki mengaku, mininimnya kedatangan pengunjung, hal tersebut dikarenakan kurangnya sosialisasi keberadaan museum kepada masyarakat.

Baca Juga  Pemkab Garut Raih Penghargaan Anugerah Kebudayaan Indonesia dari Kemendikbud

“Terkait dengan pengunjung itu tidak tetap tetapi ada juga dari mahasiswa daerah dan luar daerah yang datang untuk melihat-melihat dengan sejarah Garut,” katanya kepada gentrapriangan.com Jumat, (8/10/2021).

Adapun hal yang unik dari museum ini yaitu adanya keris yang asli hingga replika, total ada 59 Keris asli dan 62 keris replika.

Pria yang telah menjadi staf museum selama 6 tahun itu menyatakan, bahwa di museum tersebut tersimpan keris peninggalan sejarah baik yang asli dan maupun replika.

“Keris itu di replika karena tidak sembarang orang yang bisa memegang benda-benda tersebut dan untuk meminimalisir kejadian yang tidak diinginkan,” ujarnya.

Selain keris ada juga miniatur-miniatur di dalam museum tersebut seperti Kampung Adat dukuh, situs Makam Godog, Situs Makam Kapak dan Situs Makam Cipancar.

Baca Juga  Leuwi Tonjong Surga Tersembuyi Di Garut Selatan

Di dalam museum tersebut pengunjung bisa melihat sejarah Garut dari jaman dulu hingga sekarang berikut dengan foto-foto daerah pada zaman dulu dan foto Bupati Pertama hingga sekarang.

Awalnya, koleksi museum ini berada di Kantor Dinas Pariwisata sebelum berpindah tempat ke jalan pembagunan.

“Dulu itu berada di tempat Dinas Pariwisata dan sekarang berpindah ke jalan pembangunan dibawah UPTD dan dinamai menjadi Museum R.A.A Adiwidjaja,” terangnya.

Ada juga Ari seorang staf museum yang mengatakan bahwa museum ini sebagai gambaran awal kepada masyarakat untuk mengunjungi tempat-tempat yang ada di Garut.

Share :

Baca Juga

Berita

Pria Asal Garut Tipu Warga Punya Uang Gaib

Berita

HMI Soroti Adanya Indikasi Jual Beli Proyek DAK Disdik Garut

Budaya

Warga Kampung Naga Keluhkan Sepi Pengunjung Saat PPKM Darurat

Berita

PMII Garut Kecam Tindakan Represif Oknum Aparat Kepolisian di Pamekasan

Garut

Kedai Ngopi di Garut ini Bebaskan Pembeli Bayar Seikhlasnya

Garut

Sambut Semarak Hari Santri Nasional, PC. Fatayat NU Garut Gelar Diskusi Publik

Garut

PPKM Darurat, Sulitnya Mencari Pendonor Darah di Garut

Berita

Perhatian! Bupati Nyatakan Garut Darurat Covid-19, 6 Kampung di Isolasi