Home / Garut / Siaran Pers

Jumat, 4 Juni 2021 - 15:29 WIB

Pemkab Garut Usulkan Raden Ayu Lasminingrat Sebagai Pahlawan Nasional

Gentra Priangan - 

Foto bersama panitia pengusung Raden Ayu Lasminingrat menjadi pahlawan nasional (foto: diskominfo)

i

Foto bersama panitia pengusung Raden Ayu Lasminingrat menjadi pahlawan nasional (foto: diskominfo)

Garut – Pemerintah Daerah Kabupaten Garut, melalui Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD) Kabupaten Garut, tengah mempersiapkan langkah-langkah nyata pengusungan Raden Ayu Lasminingrat, salah satu pahlawan yang berasal dari Kabupaten Garut, untuk menjadi Pahlawan Nasional.

Pemkab mengawali dengan Pelantikan Panitia Pengusung Raden Ayu Lasminingrat oleh Bupati Garut, Rudy Gunawan di Ruang Pamengkang, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Kamis (3/6/2021).

Sebelumnya, R.A Lasminingrat pernah diusulkan sebagai Pahlawan Nasional pada tanggal 18 Juli 2007. Namun pada tanggal 29 Desember 2010, Kementerian Sosial Republik Indonesia menyebutkan bahwa pengajuan Lasminingrat menjadi Pahlawan Nasional ditunda dikarenakan ada beberapa data yang harus dilengkapi.

Panitia Pengusung R.A. Lasminingrat, terdiri dari tiga tim, yakni Pengarah, Pelaksana, dan Peneliti. Ibu Hj. Diah Kurniasari, didaulat untuk menjadi Ketua Tim Pengarah, dan budayawan Deddy Effendie, yang telah bertahun-tahun meneliti dan mendokumentasikan riwayat perjuangan Lasminingrat, dipercaya menjadi Ketua Tim Peneliti atau Peneliti Utama. Sementara itu, Tim Pelaksana dipimpin oleh Oos Supyadin dan salah satu perwakilan ahli waris Raden Ayu Lasminingrat, Oky Lasminingrat.

Baca Juga  Kabupaten Garut Terima Bantuan Rutilahu dari Gubernur Jabar

Bupati Garut dalam sambutannya mengatakan, pengusungan R.A Lasminingrat ini menjadi salah satu bentuk perhatian Pemerintah Kabupaten Garut agar bisa mendapatkan penghargaan secara nasional dengan menjadi pahlawan nasional.

“Tentunya saya menaruh perhatian yang cukup serius terhadap tokoh-tokoh Kabupaten Garut untuk menjadi dan mendapatkan penghargaan secara nasional karena kami yakin beberapa orang yang kita ajukan sebagai pahlawan nasional mempunyai dasar, dan dasar itu adalah kelayakan dan kepantasan yang bersangkutan mendapatkan penghormatan sebagai pahlawan nasional. Tentu itu dilakukan sesuai ketentuan yang berlaku,” ucapnya.

Baca Juga  Persatuan Sepak Bola Bugar Beramal Santuni Anak Yatim di Garut

Rudy Gunawan menuturkan, pengusungan R.A Lasminingrat menjadi pahlawan nasional ini tengah dalam tahap proses permohonan untuk diuji sebagai calon pahlawan nasional.

“Yang belum diajukan tetapi dalam tahap permohonan diajukan itu adalah RA. Lasminingrat, RA, Lasminingrat itu belum diajukan dan belum diuji sebagai calon pahlawan nasional cuman baru diajukan dan harus dilakukan kelengkapan-kelengkapan sejarah lainnya yang memberikan dukungan terhadap persyaratan pengajuan suatu pahlawan nasional,” kata Rudy.

Ia meyakini, R.A Lasminingrat mempunyai jasa yang besar terutama untuk kaum perempuan di Kabupaten Garut khususnya di bidang pendidikan yang setara.

“Saya yakin bahwa ibu R.A, Lasminingrat mempunyai jasa yang besar terhadap kehidupan terutama kaum wanita Kabupaten Garut, beliau mempunyai empati yang luar biasa terhadap pendidikan yang setara,” pungkasnya. (Diskominfo)

Share :

Baca Juga

Garut

Bupati Garut Kirim Tim Kesehatan Bantu Anak Penderita Hiposadia dan Kelainan Kelamin

Garut

Minat Baca Rendah, Ruang Kampus Gelar Lapak Baca

Berita

Helmi Budiman Terpilih Menjadi Ketua Kwarcab Pramuka Kabupaten Garut

Garut

Ratusan Atlet Tarung Derajat, Berlaga di Piala Bupati Cup 2020

Berita

Kebakaran Sekolah Terjadi di Garut, Kantin dan Ruang Kelas Ludes Terbakar

Berita

Pemkab Garut Terima Bantuan Peti Jenazah dari Yayasan Dharma Loka dan Warga Tionghoa

Berita

Wakil Bupati Serahkan Bantuan Wireless Speaker Aktif Untuk Posyandu Mandiri di Garut

Garut

Pilkades Serentak Rawan Konflik, Masyarakat Diminta Jangan Mudah Terprovokasi