Home / Opini

Minggu, 28 November 2021 - 23:46 WIB

Online Market Place Untuk Para Penggiat UMKM Indonesia

Gentra Priangan - 

i

UKM JuWAra menjadi solusi paling solutif dalam pengembangan Go Digital setiap UMKM di Indonesia. Peran UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) di Indonesia saat ini memberikan pengaruh besar dalam peningkatan ekonomi negara khususnya di masa pandemi saat ini karena memberikan alternatif pekerjaan ketika para pekerja mengalami PHK (Pemberhentian Hubungan Kerja) atau hilangnya penghasilan di masa pandemi Covid-19.

Berbagai macam upaya pemerintah untuk meningkatkan perekonomian Indonesia, salah satunya ialah mengadakan online market place untuk seluruh pelaku UMKM di Indonesia.

Melalui ukmjuwara.id, pemerintah membuat sebuah pasar online untuk para pelaku UMKM agar bisa menjual dan mempromosikan usaha mereka secara digital (online) yang dibuat secara ciamik, dan mudah dioperasikan oleh siapapun. Platform ini dihasilkan dari kerja sama antara UKM Indonesia, WhatsApp, Kementerian Koperasi dan UKM RI, Kementerian Perdagangan RI, Apindo UMKM Akademi, Bangga Buatan Indonesia, dan Indonesia Brand Activies Network.

Desakkan agar penggiat UMKM bisa Go Digital dikarenakan akibat pengembangan di bidang digital saat ini sangat meningkat, khususnya di masa pandemi sehingga setiap UMKM bisa ikut beradaptasi dengan teknologi dan bisa menyajikan produk-produk mereka sesuai zaman saat ini yaitu melalui online market place. Ayo kita mendukung dan mengajak setiap pelaku UMKM agar bisa segera menaikkan kelas usaha mereka menuju platform digital agar bisa membantu dalam mempromosikan produk mereka secara luas.

Saat ini ukmjuwara.id sedang terus melakukan peningkatan secara bertahap untuk bisa setiap UMKM di Indonesia naik kelas menjadi Go Digital. Salah satu katalog pada platform tersebut ialah #100 UKM JuWAra 2021, yang mana pada katalog tersebut berisi tentang 100 UKM di Indonesia dengan usaha yang bervariatif mulai dari Makanan, Minuman, Cemilan, Pakaian, Aksesoris, bahkan Kerajinan juga sediakan pada katalog #100 UKM JuWAra. Beragamnya produk pada katalog ini meyakinkan kita bahwa UMKM menjadi solusi paling tepat khususnya di masa pandemi ini untuk bisa meningkatkan ekonomi setiap orang melalui enterpreneurship (wirausaha).

Baca Juga  Warisan Leluhur dan Tradisi, Ini Makna Iket Pria Sunda

Produk pada katalog #100 UKM JuWAra merupakan produk-produk lokal usaha dari Seluruh Indonesia. Mulai dari makanan dan minuman khas daerah, pakaian dan aksesoris khas daerah, juga kerajianan khas daerah yang tidak kalah menarik dibandingkan produk luar. Belajar menggunakan produk lokal merupakan sebuah kebiasaan yang baik untuk mendukung usaha dari negara sendiri karena memang kenyataannya produk lokal kita memiliki kualitas yang tinggi dan terus menerus dilakukan pengembangan inovasi secara berkala agar bisa menyesuaikan dengan jamannya. Seperti pakaian yang bisa digunakan oleh siapapun, citarasa makanan dan minuman yang khas namun bisa dicerna oleh siapapun.

Kerajinan yang ditampilkan pada katalog #100 UKM JuWAra pun sangat kreatif dan bervariasi seperti brand Kiniku Art Craft yang merupakan sebuah produk lokal berunsur seni yang terbuat dari sendi/craft dengan kreasi bentuk yang kreatif dan juga didukung dengan bahan pembuatan yang berkualitas. Kemudian juga ada LC by Sopi yang merupakan sebuah usaha dengan menawarkan berbagai produk kerajinan sulam dan rajut dengan dengan desain yang unik eksklusif didukung dengan material berkualitas. Selanjutnya juga ada dari Liberty Society merupakan sebauh toko yang menyediakan barang-barang fashion seperti baju, kemeja, seragam, tas, dan lain sebagainya dengan menggunakan bahan-bahan terbaik sehingga sangat cocok untuk menjadi merchendise, kado, bahkan untuk dipakai diri sendiri.
Seperti yang kita harapkan bahwasannya kualitas dari produk-produk UMKM Indonesia sudah dijamin apalagi didukung melalui katalog #100 UKM JuWAra ini. Jadi, berbanggalah menggunakan produk lokal kita karena jika kita terbiasa menggunakan produk lokal maka itu adalah suatu bentuk kontribusi kita dalam membantu mendukung usaha dari penggiat UMKM di Indonesia agar terus semakin maju. Kalau kamu bingung mencari kado/bingkisan, kamu bisa langsung mengunjungi kanal ukmjuwara.id kemudian membuka setiap katalog yang tersedia khususnya di #100 UKM JuWAra 2021 untuk melihat beragam produk lokal yang keren dan unik untuk kamu bisa berikan kepada orang lain atau diri sendiri.

Baca Juga  Catatan Kecil Mengenai Ajip Rosidi

Manfaatnya melalui katalog ini, kita bisa mengetahui berbagai macam jenis UMKM di Indonesia yang sangat keren, kreatif, inovatif, dan tidak kalah saing dengan produk-produk luar. Selain kita bisa belajar untuk menggunakan produk lokal, melalui ukmjuwara.id bisa dijadikan sarana untuk promosi produk-produk lokal Indonesia baik dalam lingkup nasional secara keseluruhan bahkan ke Internasional. Semakin banyak produk UMKM bisa di Go Digital kan, maka peningkatan online market place khusus untuk penggiat UMKM dalam mempromosikan produknya bisa secara luas dan merata salah satunya melalui platform ukmjuwara.id

Di era digitalisasi saat ini sering kali kita mengalami penipuan online karena berbelanja secara virtual. Namun melalui ukmjuwara.id, kita tidak perlu risau karena media ini merupakan hasil kerja sama dari lembaga/instansi pemerintahan yang sudah dijamin keamanan digital dari mitra UMKM. Dan juga terdapat deskripsi produk yang deskriptif juga informasi detail mengenai UMKM tersebut. Bahkan jika kita ingin membeli produk lokal UMKM melalui media tersebut, langsung dihubungkan melalui WhatsApp Business para pelaku usaha karena aplikasi WhatsApp sebagai salah satu media partner di platform ini dan akun media sosial usaha yang ingin kita beli produknya.

Selanjutnya, kanal ini akan terus memproduksi katalog-katalog untuk pelaku usaha UMKM agar seluruhnya bisa Go Digital dengan produk yang bersetifikasi sehingga kualitas dan mutu produk terjamin. Mari kita bantu UMKM bangkit dan bisa menjadi salah satu instrumen peningkatan ekonomi negara dan bisa menambah jiwa enterpreneurship warga negara. (Dyfa Maharani Andalusi)

Share :

Baca Juga

Opini

RUU PKS, Miskonsepsi yang Mengaburkan Urgensi

Opini

Catatan Kecil Mengenai Ajip Rosidi

Opini

Politik Pencitraan dan Hoax, Trend Menjelang Pilkada 2020

Opini

Sejarah Tasikmalaya Pasca Revolusi Kemerdekaan Indonesia

Opini

Perlu Gak Sih Melatih Anak Membaca Sejak Dini ?

Opini

Harmonisasi Anak Dalam Keluarga

Opini

New Normal: Bagaimana Seharusnya Kita Bersikap

Opini

Lima Metode Sumber Pengetahuan Perempuan