Home / Berita / Inspirasi / Tasikmalaya

Sabtu, 2 Januari 2021 - 22:33 WIB

Mengenal Raju Sahrial Duta Pendidikan Indonesia Asal Tasikmalaya

Gentra Priangan - 

Mohammad Raju Sahrial Ilhami Pemuda Asal Kabupaten Tasikmalaya yang berhasil meraih prestasi sebagai Putera Pendidikan Jawa Barat 2020, Foto: Istimewa.

i

Mohammad Raju Sahrial Ilhami Pemuda Asal Kabupaten Tasikmalaya yang berhasil meraih prestasi sebagai Putera Pendidikan Jawa Barat 2020, Foto: Istimewa.

Tasikmalaya – Mohammad Raju Sahrial Ilhami pemuda asal Kabupaten Tasikmalaya yang berhasil meraih prestasi sebagai Putera Pendidikan Jawa Barat 2020 dengan meraih predikat sebagai 1st Runner Up (Juara 2) Putera Pendidikan Indonesia 2020 yang dilaksanakan di Sari Ater Kamboti Convention & Hotel Bandung pada tanggal 17-19 Desember 2020.

Kegiatan ini mempertemukan 65 Finalis Putera Puteri Pendidikan terbaik dari seluruh Provinsi di Indonesia. Pemilihan Putera Puteri Pendidikan Indonesia ini merupakan ajang pencarian Duta Pendidikan yang terfokus pada pemilihan seorang Duta yang memiliki advokasi dan program mengenai Pendidikan.

Pemuda asal Kecamatan Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat. Raju Sahrial berhasil masuk menjadi salah satu finalis Putera Pendidikan Indonesia 2020. Persiapan yang dilakukan oleh Raju dimulai dari bulan April sampai November. Hal ini guna mempersiapkan Pembekalan seperti Public Speaking, Skill Komunikasi, Bahasa Asing, Advokasi, Materi Pendidikan, Social Branding serta persiapan Mental dan fisik, persiapan Wardrobe, National Costume dan Unjuk Bakat.

Raju merasa sangat bangga atas pencapaian yang telah diraihnya sebagai perwakilan Provinsi Jawa Barat. Melalui Advokasi Speak Your Health: Health Education through Health Promotion, Raju menunjukan kemampuan serta kapabilitasnya untuk menjadi bagian dari Putera Puteri Duta Pendidikan Indonesia

“Saya merasa bangga atas pencapain yang telah diraih sebagai perwakilan dari Jawa Barat, melalui advokasi Speak Your Health: Health Education through Health Promotion saya merasa percaya diri dengan kapasitas dan kemampuan serta kapabilitasnya untuk mengabdi pada platform Putera Puteri Pendidikan Indonesia. Terlebih, karena saya sudah menjalankan advokasi ini selama 3.5 tahun selama menjadi mahasiswa keperawatan di Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya,” ujarnya kepada Gentrapriangan.com.

Baca Juga  Patriot Desa Dorong Desa Digital di Kabupaten Tasikmalaya

Prestasi yang diraih oleh Raju Sahrial ini sebagai Duta Pendidikan Sekolah Menengah Atas & Kejuruan. Dan masing-masing pemenang (Top 5) pun memiliki gelar yang sama mulai dari Duta Pendidikan PAUD hingga Perguruan Tinggi serta untuk kategori Remaja yang terfokus pada Duta Pendidikan Disabilitas dan Luar Sekolah.

“Prestasi atau gelar yang saya dapatkan adalah sebagai Duta Pendidikan Sekolah Menengah Atas, Sekolah Menegah Kejuruan, Madrasah Aliyah dan sejenisnya. Dan masing-masing pemenang (Top 5) pun memiliki gelar yang sama mulai dari Duta Pendidikan PAUD hingga Perguruan Tinggi serta untuk kategori Remaja yang terfokus pada Duta Pendidikan Disabilitas dan Luar Sekolah,” katanya dalam siaran langsung instagram bersama Gentrapriangan.com, Sabtu, (02/01/2021).

Pada Malam Grand Final, Raju bersaing dengan 30 Finalis Putera lainnya. Ia berhasil melewati babak penyisihan seperti Speech Competition dan berhasil masuk ke babak Top 10. Dilanjutkan dengan Question & Answer untuk melihat seberapa jauh para Putera Puteri Pendidikan Indonesia dapat menjawab pertanyaan yang diberikan oleh sesama finalis. Setelah babak Top 10 selesai.

Baca Juga  Meski Menurun, Pemprov Jabar Klaim Perekonomian Masih Aman

Raju berhasil masuk sebagai finalis Top 5 Putera bersama provinsi DKI Jakarta, Banten, Sumatera Selatan dan Sumatera Utara. Di babak 5 Besar ia kembali dihadapkan dengan Question & Answer dari para Juri untuk kemudian diketahui hasil akhir kejuaraan. Putera Pendidikan Indonesia 2020 diraih oleh Endy dari Provinsi Sumatera Selatan dan Puteri Pendidikan Indonesia 2020 diraih oleh Naomy dari Provinsi Riau. Diposisi kedua berhasil didapatkan oleh Raju sebagai perwakilan Provinsi Jawa Barat dan Anggun dari Provinsi Jawa Timur.

Raju berharap, bahwa dengan pencapaian ini, ia bisa turut serta mengabdi bagi kemajuan Pendidikan di Indonesia khususnya di Jawa Barat dengan menjalankan advokasi serta program yang ia miliki dibarengi dengan platfrom Putera Puteri Pendidikan dan semoga Remaja di Indonesia dapat ikut serta berpartisipasi untuk menciptakan Generasi Emas Menuju Indonesia Cerdas.

“Saya berharap dengan pencapain ini bisa membawa kemajuan bagi Pendidikan di Indonesia khususnya di Jawa Barat dengan menjalankan advokasi serta program yang dimiliki serta dibarengi dengan platfrom Putera Puteri Pendidikan, semoga Remaja di Indonesia dapat ikut serta berpartisipasi dalam kegiatan positif lainnya untuk turut menciptakan Generasi Emas Menuju Indonesia Cerdas,” harapnya.

Share :

Baca Juga

Berita

Gempa Magnitudo 5,1 Guncang Garut

Garut

Bertajuk Fun Camp, Ieu Garut Perkuat Silaturahmi Sesama Pengguna Instagram

Berita

Stasiun dan Kereta Berpotensi jadi Tempat Penyebaran Virus, Bima Arya Minta Kemenhub Evaluasi KRL

Berita

Akibat Kemarau Panjang, 6 Rumah di Salawu Mengalami Pergeseran Tanah

Berita

Pemerintah Berencana Akan Reaktivasi Jalur Kereta di Jawa Barat

Berita

Garut Programkan Penyerapan 27.000 Tenaga Kerja Hingga 2024

Garut

Kapolres Garut Gelar Korps Raport Kenaikan Pangkat Pengabdian Personel

Berita

KPAID Kab. Tasik: Sekarang Kita Jaga Anak, Esok Anak Jaga Kita