Home / Garut

Senin, 1 Agustus 2022 - 15:51 WIB

Mahasiswa KKN Uniga Gali Potensi Tersembunyi di Desa Cikarag

Gentra Priangan - 

Peserta KKN Uniga mengikuti kegiatan Musrenbang Desa Cikarag

i

Peserta KKN Uniga mengikuti kegiatan Musrenbang Desa Cikarag

Garut –  Ribuan Mahasiswa Universitas Garut (UNIGA) melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dilaksanakan selama 30 hari tersebar di 79 desa di tujuh kecamatan wilayah Garut utara.

Sebanyak 16 mahasiswa peserta KKN  ditempatkan di Desa Cikarag yang dilaksanakan pada  27 Juli sampai 27 Agustus 2022, meruapkan bagian dari Tri dharma Perguruan Tinggi salah satunya pengabdian kepada masyarakat dengan tema “Ekonomi Kuat, Masyarakat Sehat”.

Ketua Kelompok KKN Desa  Cikarag Evi Sri Agustin dari Fakultas Ekonomi mengatakan, bahwa yang terlibat dalam kegiatan KKN ini terdiri dari berbagai program studi yang ada di Universitas Garut diantaranya, Fakultas Ekonomi, Ilmu Komunikasi dan Informasi, Kewirausahaan, Ilmu Sosial dan Politik, Pendidikan Islam dan Keguruan.

Baca Juga  Puluhan Instagrammers di Garut, Adakan Kegitan Silah Lidah Camp Untuk Berkolaborasi

Mahasiswa KKN Uniga melihat adanya potensi Desa Cikarag yang perlu lebih dioptimalkan salah satunya pada sektor ekonomi guna membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

“Desa Cikarag ini sudah dikenal oleh sebagian masyarakat tetangga desa, tetapi masih perlu digali lebih dalam tentang potensi yang bisa menjadi identitas Desa Cikarag,” ujar Ketua Kelompok KKN Cikarag Evi Sri Agustin, Senin (1//7/2022).

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa di Desa Cikarag tempat ia melaksanakan KKN ini  memiliki potensi UMKM dan wisata yang perlu dimanfaatkan serta dikembangkan ke arah digitalisasi dan publikasinya lebih baik lagi.

Baca Juga  Akibat Kebakaran Hutan, Jalur Pendakian Gunung Guntur Ditutup

“Kami menemukan potensi UMKM seperti sapu injuk, kain rajut, UMKM makanan yang perlu adanya perkembangan ke arah digitalisasi dan juga potensi wisata yang perlu dikembangkan dan diaktifkan publikasinya,” jelasnya.

Pengembangan potensi Desa Cikarag didukung oleh Kepala Desa Jafar Siddiq beserta jajarannya yang mendukung penuh pengembangan potensi desa oleh mahasiswa KKN Uniga.

“Semoga mahasiswa KKN Uniga bisa mengangkat potensi yang ada di Desa serta bisa mempromosikannya untuk lebih dikenal oleh masyarakat luas,” harap Kepada Desa Cikarag Jafar Shiddiq saat ditemui seusai kegian Musrenbang Desa, Senin (1/7/2022).

Share :

Baca Juga

Berita

Masih Marak Praktek Pernikahan Dini, Kopri PMII Garut Gelar Diskusi Publik

Garut

HPN Garut bersama PT. Gudang Garam Gelar Pelatihan Barista Santri

Garut

DPD KNPI Garut Periode 2022-2025 Resmi Dilantik

Berita

Gramedia Resmi Buka di Garut, Pengunjung Membludak

Garut

Kesal Sopir Angkot dan Pelaku Usahanya Tidak Diperhatikan Pemerintah, Organda Rencanakan Aksi

Garut

Aksi Pemasangan Bendera Putih Menemui Kata Sepakat, Ini Tuntutan PHRI yang Dikabulkan Pemkab

Berita

Kini Naik Angkot di Garut Bisa Pakai Aplikasi

Berita

HMI Soroti Adanya Indikasi Jual Beli Proyek DAK Disdik Garut