Home / Garut / Komunitas

Senin, 7 November 2022 - 18:05 WIB

Limbah Industri Kulit di Garut Cemari Lingkungan, HMI Gelar Audiensi

Gentra Priangan - 

HMI Cabang Garut menggelar audiensi terkait pencemaran lingkungan akibat dampak limbah penyamakan kulit di Kantor DPRD Kabupaten Garut

i

HMI Cabang Garut menggelar audiensi terkait pencemaran lingkungan akibat dampak limbah penyamakan kulit di Kantor DPRD Kabupaten Garut

Garut – Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Garut menggelar audiensi terkait pencemaran lingkungan dari dampak perusahaan-perusahaan kulit di Sukaregang, Garut bertempat di Kantor DPRD Kabupaten Garut.

Koordinator Audiensi Fajar Alamsyah mengaku kecewa atas ketidakhadiran Asosiasi Penyamak Kulit (APKI) Kabupaten Garut.

“Padahal Pemerintah Daerah Kabupaten Garut siap duduk bersama membahas dan mencari solusi terkait pencemaran lingkungan dari dampak perusahaan penyamakan kulit di wilayah Sukaregang,” kata Fajar kepada gentrapriangan.com Senin (7/11/2022).

Baca Juga :  Curah Hujan Cukup Tinggi, BPBD Garut Himbau Masyarakat Harus Berhati-Hati dan Waspada

Ketidakhadiran APKI, menurut Fajar, menjadi bukti para pengusaha seakan menutup mata terhadap masyarakat yang terdampak selama puluhan tahun.

“HMI mempertanyakan Analisis Dampak Lingkungan (Amdal), Upaya Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Upaya Pemantauan Lingkungan Hidup (UKL-UPL) serta persetujuan izin lingkungan yang harus ada sesuai Peraturan Perundang-Undangan,” ujarnya.

Selanjutnya, dalam waktu dekat ini, HMI akan membuat laporan perihal pencemaran lingkungan yang berdampak pada kehidupan masyarakat.

Baca Juga :  Mengenal Jenis-jenis Mental Ilness dan Faktor penyebabnya

“Dengan timbulnya air menjadi keruh dan berbusa serta bau yang menyengat di sepanjang Sungai Cikayambang, Cigulampeng, dan Ciwalen, kita akan melaporkannya ke Ditjen Gakkum,” pungkasnya.

Dalam audiensi tersebut turut hadir anggota DPRD Kabupaten Garut dari Komisi l, ll, lll, DPMPTSP, Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Disperindag, dan Satpol PP.

Share :

Baca Juga

Garut

Kadispora Garut Divonis 1 Tahun Bui, Ini Kata Bupati

Berita

5 Rekomendasi Makanan Khas Garut Yang Manis Selain Dodol

Berita

Industri Kulit Garut Kini Mulai Dikenal dan Diakui Dunia

Komunitas

Gelar Diskusi, Gusdurian Tasikmalaya Ingatkan Pentingnya Merawat Keberagaman

Garut

Soal Kadisdik Mangkir, HMI Garut: Akankah Bupati Bersikap Sama?

Berita

Melihat Pesona Keindahan Gumuk Tungtung Karang di Garut

Garut

Terkait Pemadaman Lampu PJU, Ini Kata Bupati Garut

Berita

Jelang Musim Penghujan, Para Petani Diminta Waspada Hama Tanaman