Lima Destinasi Wisata Viral Yang Wajib Dikunjungi Saat Berlibur di Garut

- Penulis

Senin, 16 Mei 2022

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Pemandangan Lapang Golf Flambobayan Ngamplang. Foto: Sahrul Imam / Gentra Priangan

i

Pemandangan Lapang Golf Flambobayan Ngamplang. Foto: Sahrul Imam / Gentra Priangan

Garut – Memiliki keindahan bentang alam lengkap mulai dari gagahnya wilayah pegunungan, eksotisnya air terjun dan panorama laut di bagian selatan menjadikan Garut tak perlu diragukan soal tujuan wisata alamnya.

Wilayah yang dijuluki kota intan hingga swiss van java memang layak diterima oleh Kabupaten Garut, tak jarang keindahan alam yang dimiliki tersebar luas di media sosial dan menjadi viral mengundang detak kagum dan penasaran untuk dikunjungi dan menjadi daftar rencana destinasi wisata akhir pekan anda.

Untuk itu berikut beberapa rekomendasi tempat wisata di Garut yang layak dijadikan tujuan berwisata bagi wisatawan yang belum sempat berlibur saat libur lebaran kemarin, akan ada berbagai keindahan alam mulai dari tempat yang menyajikan lanskap cantiknya Garut, indahnya pantai dengan pasirnya putih hingga danau dengan ceritanya yang melegenda, kini menjadi objek wisata kelas Internasional.

1. Pantai Cijeruk Indah

Keindahan pantai Cijeruk Indah dengan pasir putih dan pemandangnya yang indah. Foto: Sahrul Imam / Gentra Priangan

Garut yang memiliki garis pantai terpanjang di Jawa Barat menyimpan pesisir pantai yang indah. Namun, belum cukup diketahui banyak orang yang kini menjadi viral karena keindahan dan pasir putih serta terdapat wilayah yang ombaknya tenang dan memiliki suguhan matahari terbenam yang menyejukan pikiran.

Pantai itu adalah Pantai Cijeruk. Pantai yang tepatnya berada di Desa Sagara, Kecamatan Cibalong, Kabupaten Garut ini lebih dulu terkenal bagi yang hobi mancing dari berbagai wilayah.

Berkat keindahannya yang mulai terekspos di media sosial membuat pantai ini mulai dikenal dan mengundang banyak wisatawan untuk datang berkunjung ke Pantai Cijeruk Indah ini.

Bagi wisatawan yang hendak berlibur ke pantai ini cukup membayar tiket 5 ribu bagi kendaraan motor dan mobil 1o ribu, setelah berada di bibir pantai harus menyebarang rawa atau sungai dengan menaikan kendaraan motornya ke atas perahu dengan biaya permotor 10 ribu.

Setelah itu dapat menelusuri keindahan pantainya lebih jauh karena pantai ini cukup luas dan terdapat spot camping serta terdapat perkampungan nelayan atau tempat istirahatnya para nelayan yang di depannya langsung menghadap lautan yang biru.

2. Pantai Sayang Heulang

Pemandangan matahari terbenam di pantai Sayangheeulang. Foto: Sahrul Imam / Gentra Priangan

Pantai Sayang Heulang merupakan sebuah pantai yang ada di Garut Selatan, tepatnya di Desa Mancagahar, Kecamatan Pamengpeuk, Kabupaten Garut.

Pantai ini memiliki bentangan sekitar 3,5 km dengan hamparan pasir yang dihiasi batuan karang, air lautnya bersih dengan deburan ombak yang cukup kencang.

Baca Juga :  KTT OKI di Bandung, PMII Jabar Dorong Isu Perdamaian Dunia

Pantai ini cukup dikenal luas oleh masyarakat Jawa Barat karena akses dan informasi sudah dapat banyak ditemukan di internet wajah baru Pantai Sayang Heulang yang telah selesai direnovasi tentunya membuat para wisatawan yang sudah pernah berkunjung atau belum sama sekali menjadi penasaran untuk datang mencoba spot foto baru yang ada di tepi pantai ini.

3. Gumuk Pasir Tungtung Karang

Gumuk Pasir Tungtung Karang dengan pemandangan pantai sayangheulang. Foto : Sahrul Imam / Gentra Priangan

Gumuk Pasir Tuntung Karang ini masih berada satu kawasan dengan wisata Pantai Sayang Heulang atau lebih tepatnya di Desa Mancagahar, Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Pengertian “Gumuk Pasir” sendiri yaitu sebuah gundukan pasir yang terbentuk secara alami sedangkan “Ujung Karang” yaitu letaknya berada di dekat pantai/karang. Jadi dapat diambil kesimpulan Gumuk Pasir Ujung Karang merupakan sebuah gundukan pasir yang terbentuk secara alami yang letaknya berada di dekat pantai atau karang.

Gumuk Pasir Tungtung Karang ini berada satu kawasan dengan wisata pantai Sayang Heulang, tepatnya berada di sebelah timur pantai dan juga berdekatan dengan Bukit Teletubis.

Memiliki daya tarik spot foto yang instagramable serta sangat cocok untuk dijadikan destinasi liburan yang bisa dinikmati bersama orang-orang terdekat seperti keluarga, teman ataupun pasangan, tempat ini juga menjadi pelengkap perjalanan jika sedang berkunjung ke Garut Selatan.

Disarankan untuk datang ke Gumuk Pasir Tungtung Karang saat pagi atau sore hari, selain bakal mendapatkan keindahan Gumuk Pasir, Laut dan Karang tentunya akan mendapatkan keindahan matahari terbit ataupun tenggelam.

4. Lapang Golf Ngamplang

Pemandangan Lapang Golf Flamboyan Ngamplang. Foto: Sahrul Imam / Gentra Priangan

Sebuah padang savana hijau yang menyejukan, tempat yang diperuntukan bagi olahraga golf ini berkat pemandangan yang menawan menjadikan daya tarik kaum muda mudi tak hentinya berdatangan untuk mencoba berswafoto di dalam lapang golf ngamplang.

Lapangan golf Ngamplang Garut atau sering disebut dengan Flamboyan Golf Course bisa menjadi spot yang tepat untuk menikmati keindahan Garut dari ketinggian. Kata Ngamplang sendiri bisa diartikan sebagai keadaan lokasi yang luas serta rata. Suasana inilah yang bisa Anda dapatkan ketika mengunjungi lapangan golf berkonsep sport dan tourism ini.

Selain dipegunakan sebagai olahraga golf, tempat ini juga banyak dijadikan tempat prewedding dan para wisatawan yang tikertnya bertarif 25 ribu rupiah perorang, wisatawan dapat masuk dan menikmati keindahannya tanpa khawatir ada biaya tambahan atau batas waktu.

Baca Juga :  Diduga Akibat Korsleting Listrik, Sebuah Rumah Hangus Terbakar di Garut

Lapangan yang menjadi salah satu obyek wisata Ngamplang Garut ini terletak di Jl. Raya Tasikmalaya km.7, Desa Ngamplang, Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut atau sekitar 4 km dari kota Garut.

Pernah Dikunjungi Oleh Pesohor Dunia
Ngamplang golf Garut tak hanya menyajikan lokasi wisata alam yang indah sebagai tempat foto keluarga, selfie, pre wedding maupun aktivitas lainnya. Lapangan golf ini juga pernah menjadi persinggahan pesohor dunia seperti aktor komedi Charlie Chaplin. Hotel Ngamplang yang berdiri di kawasan ini pada zaman kolonial juga pernah menjadi persinggahan Perdana Menteri Perancis dan Ratu Belanda.

Keindahan pemandangan Garut dari lapangan Ngamplang bahkan dianggap menyerupai keindahan alam Swiss. Pemandangan Sungai Cimanuk yang membelah kota Garut dengan Gunung Guntur, Gunung Papandayan yang akan memanjakan mata pengunjung lapangan golf ini.

5. Situ Bagendit

Keidahan Situ Bagendit yang alami dan menyejukan mata. Foto: Sahrul Imam / Gentra Priangan

Objek Wisata Situ Bagendit kini menjadi wisata kelas internasional yang pembangunanya masih tahap final yang nanti rencananya akan diresmikan langsung oleh presiden Indonesia Joko Widodo pada bulan Juni mendatang.

Selain tempat yang dulu terkenal akan cerita rakyat yang melegenda tempat ini menjadi wisata favorit keluarga, terlihat saat libur lebaran kemarin tempat ini sangat dipadati oleh wisata Situ Bagendit terletak di Desa Bagendit, Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut, meskipun belum dibuka secara resmi objek wisata ini beropersional setiap hari untuk umum dar pukul 08.00 – 17.00 WIB dengan tiket masuk 10 ribu rupiah untuk dewasa dan 5 ribu untuk anak kecil.

Selain menikmati pemandangan alam yang ciamik, pengunjung juga bisa menaiki sepeda air, rakit, perahu dan baru baru ini terlihat tempat jasa penyewaan sepeda atau skuter listrik yang bisa dijadikan alat transfortasi untuk menelusuri keindahan Situ Bagendit yang luas ini.

Pengunjung yang membawa anak-anak bisa mengantar anak-anak unfuk memainkan beberapa wahana yang ramah anak, seperti: trampolin, kereta mini, pemancingan mini, kolam bola dengan seluncuran, dan kegiatan mewarnai.

Jadi tunggu apalagi untuk datang dan berkunjung menelusuri setiap keindahan alam yang ada di Garut.

Berita Terkait

Terinspirasi Perjuangan Kartini, Tsoht Rilis Single Terbaru
Masa Akhir Tahapan Pemilu 2024, Panwascam Cibiuk Gelar Press Release Hasil Kerja Pengawasan
Cek Kelayakan Kendaraan Dilakukan Petugas Antisipasi Kecelakaan
Asesmen Wilayah Terdampak Bencana Alam di Kabupaten Garut
Beras Lokal Garut Meroket Jelang Ramadan
Warga Tertimpa Pohon Tumbang Dievakuasi Polisi
DMI Kecamatan se-Kab Garut Dapat Bantuan Alat Kebersihan
Partisipasi Pemilu Masyarakat Garut Melebihi Target
Berita ini 112 kali dibaca

Berita Terkait

Minggu, 21 April 2024 - 16:40 WIB

Terinspirasi Perjuangan Kartini, Tsoht Rilis Single Terbaru

Minggu, 31 Maret 2024 - 22:28 WIB

Masa Akhir Tahapan Pemilu 2024, Panwascam Cibiuk Gelar Press Release Hasil Kerja Pengawasan

Rabu, 20 Maret 2024 - 12:10 WIB

Cek Kelayakan Kendaraan Dilakukan Petugas Antisipasi Kecelakaan

Minggu, 10 Maret 2024 - 15:42 WIB

Asesmen Wilayah Terdampak Bencana Alam di Kabupaten Garut

Minggu, 10 Maret 2024 - 13:51 WIB

Beras Lokal Garut Meroket Jelang Ramadan

Minggu, 10 Maret 2024 - 12:31 WIB

Warga Tertimpa Pohon Tumbang Dievakuasi Polisi

Jumat, 8 Maret 2024 - 21:52 WIB

DMI Kecamatan se-Kab Garut Dapat Bantuan Alat Kebersihan

Jumat, 8 Maret 2024 - 21:28 WIB

Partisipasi Pemilu Masyarakat Garut Melebihi Target

Berita Terbaru

Momen perayaan Intimate Hearing Session Penemuan 'Kartini' di

Berita

Terinspirasi Perjuangan Kartini, Tsoht Rilis Single Terbaru

Minggu, 21 Apr 2024 - 16:40 WIB