LAZISNU Garut Ajak Tunaikan Zakat Dengan 35.000 Per Jiwa

- Penulis

Sabtu, 15 April 2023

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Garut- Lembaga Amil Zakat Infaq Sedekah PC NU Kabupaten Garut atau yang lebih populer dengan sebutan LAZISNU Garut merupakan rebranding atau sebagai pintu bagi masyarakat global untuk masuk dan mengenal LAZISNU sebagai lembaga filantropi NU.

NU Care-LAZISNU juga merupakan Lembaga nirlaba milik Organisasi Nahdlatul Ulama (NU) yang memiliki tujuan untuk berkhidmad. Dalam rangka membantu kesejahteraan dan kemandirian umat serta mengangkat harkat sosial. Dengan mendayagunakan zakat, Infaq, Sedekah (ZIS) dan juga dana sosial keagamaan lainnya.

NU-Care LAZISNU berdiri pada tahun 2004, adapun fungsi dari LAZISNU yakni untuk sebagai sarana yang bisa membatu masyarakat, yang selaras dengan muktamar NU yang ke-31 yang bertempat di Asrama Haji Donohudan, Boyolali, Jawa Tengah. LAZISNU secara formal dan yuridis melalui SK Menteri Agama No.65/2005 guna melakukan penghimpunan Zakat, Infaq, dan Sedekah (ZISP) kepada masyarakat luas.

LAZISNU juga mempunyai beberapa misi penting, yaitu:

1. Menggalakan literasi serta mengoptimalkan penggalangan dana Zakat, Infaq, Sedekah Dana Sosial Keagamaan Lainnya (DSKL), dan Dana Abadi (Trust Fund) berbasis digital untuk kepentingan kegiatan yang berbasis investasi social.

Baca Juga :  Sambangi KPU, DPD PSI Garut Tanyakan Tahapan Verifikasi Partai Politik

2. Menjadi pilihan utama mitra strategis dalam kolaborasi dan sinergi menjalankan berbagai kegiatan/usaha social.

3. LAZISNU mengemban misi menyediakan program-program untuk peningkatan sumber daya manusia. Sehingga mampu melahirkan intelektual, teknorat, dan wirausahawan yang unggul dan handal. Serta memberikan akses lapangan kerja dan kesempatan berkarir di sektor strategis, yang selaras dengan bidang yang ada.

Program Zakat FItrah

Selain itu banyak juga program yang sudah berjalan dari LAZISNU Kabupaten Garut, salah satunya adalah zakat fitrah. Di bulan Ramadhan ini LAZISNU Kabupaten Garut juga menampung zakat fitrah, infaq dan sedekah yang nantinya akan terdistribusi kepada golongan-golongan yang berhak menerimanya.

Zakat Fitrah adalah salah satu dari jenis zakat yang wajib di bulan Ramadan oleh setiap mereka dan mampu serta sesuai dengan apa yang telah menjadi ketentuan. Zakat sendiri telah menjadi salah satu dari 5 rukun islam. Maka dari itu islam mewajibkan zakat sebagi salah satu pilar agama. Kita sebagai umat muslim yang taat wajib membayar zakat. Pembayaran zakat juga memiliki tujuan yaitu untuk membersihkan diri dan harta serta sebagai pelengkap ibadah puasa.

Baca Juga :  Peringatan HUT RI ke-75 Tetap Patuhi Protokol Kesehatan Pencegahan Covid-19

Melalui LAZISNU zakat akan ditampung dan nantinya akan diberikan kepada yang berhak menerima zakat, didistribusikan dan dikelola di jalan Allah. Di bulan yang berkah ini dengan tema “Ramadhan Menggembirakan” LAZISNU mengajak seluruh umat muslim untuk bersama-sama menunaikan zakat, lewat ajakan “Mari sucikan jiwamu, Sempurnakan puasamu, dan Gapai Kemenanganmu,”, dengan mengeluarkan 35.000 per jiwa maka tunailah kewajiba kita sebagai umat muslim dalam melaksanakan zakat, serta tunailah ibadah puasa kita.

Sehingga kita tahu bahwa LAZISNU adalah sebuah Lembaga Amil Zakat Infaq Sedekah di bawah naungan Nahdlatul Ulama. LAZISNU juga menampung dan mengelola Zakat, Infaq, Sedekan, dan Dana Keagamaan lainnya yang nantinya akan dikelola dan didistribusikan kepada setiap orang yang berhak menerimanya, dan akan dipergunakan untuk kemaslahatan agama.

Berita Terkait

2 Oknum Polisi Terlibat Kasus Pencurian dengan Kekerasan di Garut
Disambut 20 Ribu Santri dan Masyarakat Garut, Ganjar Sampaikan Komitmen Terhadap Guru Ngaji
Keluarga Besar Persis Deklarasikan Dukung Anies Muhaimin di Garut
Anies Serukan Warga Garut Jangan Takut Perubahan
Peringati Hari Jadi Garut, Pemda Kabupaten Garut Rilis Logo Baru
Menhub Budi Karya Apresiasi Layanan Terminal Guntur Garut
Panwascam Banyuresmi Siap Awasi Kampanye Terbuka, Kesiapan PKD dan PTPS jadi Prioritas
Desa Cinta Jadi Inspirasi Desa Kewirausahaan di Garut
Berita ini 41 kali dibaca

Berita Terkait

Sabtu, 24 Februari 2024 - 17:39 WIB

Sejumlah Massa Serbu Rumah Pemenangan Caleg di Tasikmalaya

Jumat, 23 Februari 2024 - 15:05 WIB

2 Oknum Polisi Terlibat Kasus Pencurian dengan Kekerasan di Garut

Kamis, 22 Februari 2024 - 18:49 WIB

Mengenal Reynaldi Agus Prassetiyo Finalis Putra Pendidikan Jabar

Sabtu, 10 Februari 2024 - 20:48 WIB

PMK Kembali Merebak di Garut, Diskanak Perketat Pembelian Ternak

Jumat, 9 Februari 2024 - 19:52 WIB

Mahasiswa Tasikmalaya Tanggapi Deklarasi Pemilu Damai oleh Petinggi Kampus

Kamis, 8 Februari 2024 - 18:11 WIB

Keluarga Besar Persis Deklarasikan Dukung Anies Muhaimin di Garut

Kamis, 8 Februari 2024 - 15:17 WIB

Anies Serukan Warga Garut Jangan Takut Perubahan

Rabu, 7 Februari 2024 - 19:46 WIB

Peringati Hari Jadi Garut, Pemda Kabupaten Garut Rilis Logo Baru

Berita Terbaru

Sejumlah massa yang tergabung dalam Gerakan Masyarakat Penyelamat Demokrasi Tasikmalaya (GRPDT menyerbu salah satu rumah pemenangan Calon Legislattif partai PSI di Kota Tasikmalaya umat (23/2/2024).

Berita

Sejumlah Massa Serbu Rumah Pemenangan Caleg di Tasikmalaya

Sabtu, 24 Feb 2024 - 17:39 WIB