Home / Pendidikan

Selasa, 16 November 2021 - 19:52 WIB

KMPPA Jabar Gelar Lokakarya Dorong Pembentukan KPAID Garut

Gentra Priangan - 

KMPPA Jawa Barat menyelenggarakan seminar dan lokakarya bertempat di Gedung MUI, Kabupaten Garut, Selasa, (16/11/2021)

i

KMPPA Jawa Barat menyelenggarakan seminar dan lokakarya bertempat di Gedung MUI, Kabupaten Garut, Selasa, (16/11/2021)

Garut – Kelompok Masyarakat Peduli Perlindungan Anak (KMPPA) Jawa Barat dalam rangka mendukung dan mendorong efektifitas pengawasan pemenuhan hak anak Indonesia di daerah gelar kegiatan Seminar dan Lokakarya dengan tema ‘Sinergitas Peran masyarakat dan Pemerintah Daerah dalam Penyelenggaraan Perlindungan Anak untuk Mewujudkan Kabupaten Garut Ramah Anak’ bertempat di Gedung MUI Kabupaten Garut, Selasa (16/11/21).

Kegiatan ini diikuti oleh unsur tokoh masyarakat, aktivis sosial, kelompok profesi, kelompok akedemis, aktivis pendidikan mahasiswa dan pelajar yang ada di Kabupaten Garut.

Andri Muhamad S,MH selaku ketua KMPPA dalam sambutannya menyampaikan, bahwa kegiatan merupakan upaya untuk merumuskan ide, gagasan dan remomendasi untuk membantu Pemerintah Daerah dalam perlindungan anak dan membentuk lembaga yang independen yaitu Komisi Perlindungan Anak Kabupaten/Kota.

Baca Juga  Sejarah Baru di Kabupaten Tasikmalaya, Kini Miliki Universitas Pertama

“Kita telah melihat bagaimana pentingnya kehadiran lembaga independen ini dalam perlindungan anak, karena hal yang terpenting dalam perlindungan anak bukan hanya masalah penangan masalah tetapi paska penangan masalah yang dihadapi oleh anak,” Ungkap Andri.

Sementara itu, Ketua MUI Kabupaten Garut KH. Sirajul Munir mewakili tokoh Masyarakat mengaku kaget dan malu bahwa di Kabupaten Garut belum memiliki komisi independen yang mengurusi perlindungan hak anak.

Baca Juga  Tutup Masjid Ahmadiyah, Bupati Garut Dinilai Kontradiksi Dalam Mewujudkan Sikap Pancasilais Dalam Kebebasan Beragama

“Kami MUI Garut akan mendorong agar keberadaan Komisi Perlindungan Anak Daerah ini segera terbentuk di Kabupaten Garut, mengingat pentingnya keberadaan lembaga yang independen yang focus dalam menangani perlindungan terhadap hak anak dimana kita tahu wilayah Kabupaten Garut ini yang luas dan mendapat rangking 5 wilayah yang tidak ramah anak,” ucap Ceng Munir.

Kegiatan ini diakhiri dengan penandatanganan berita acara pembentukan tim perumus KPAI Daerah Kabupaten Garut.

Share :

Baca Juga

Garut

Kampung di Garut Edukasi Anak Tentang Pengelolaan Sampah

Opini

Sejarah Tasikmalaya Pasca Revolusi Kemerdekaan Indonesia

Pendidikan

Siswa Mulai Jenuh, Disdik Jabar Akan Gabungkan Pola Belajar Daring dan Tatap Muka

Pendidikan

Humanity First Bersama Klassku Upayakan Solusi Kejenuhan Belajar Daring

Garut

Berikut 27 Kecamatan di Garut yang di Rencanakan Menggelar Kegiatan Belajar Secara Tatap Muka

Berita

Ajengan Masuk Sekolah Diharapkan Bentuk Generasi Muda

Garut

PMII Garut Pertanyakan Peran Dinas Pendidikan Atur Belajar di Masa Pandemi

Pendidikan

Mengenal Hari Nelayan Nasional