Gaya Hidup

Indonesia Butuh Anak Muda, Ini 5 Peran yang harus dilakukanya !

0

Berbicara mengenai generasi muda saat ini bukan sesuatu hal yang asing lagi. Karena Pemuda merupakan suatu generasi penerus bangsa, bahkan kemajuan suatu bangsa tidak bisa lepas kaitannya dengan bagaimana peran pemuda didalamnya, seperti bagaimana produktifitas pemuda demi kemajuaan dan eksistensi bangsanya. Tidak terkecuali bagi bangsa Indonesia, generasi muda juga menjadi suatu tonggak bagi kemajuan dan pembangunan bangsa.

Seorang ulama besar Indonesia, Dr. Yusuf Al-Qardhawi berkata ,”Apabila ingin melihat suatu negara di masa depan, maka lihatlah pemudanya hari ini.” hal ini menandakan bahwa peran pemuda bagi kemajuan suatu bangsa sangatlah besar.

Pemuda juga perlu menyadari bahwa peran mereka terhadap kemajuan bangsa ini sangat besar dan pemuda juga harus mampu menjalankan fungsinya terhadap kemajuan bangsa dan bermanfaat bagi masyarakat.

Lalu, Mengapa indonesia membutuhkan anak muda dan peran apa saja yang di butuhkan itu ? Berikut peranan anak muda diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Peran Sebagai Pembawa Perubahan.

Dimana hal ini anak muda harus mampu menjalankan peran sebagai agen of change yang berarti anak muda indonesia memiliki peran untuk melakukan perubahan perubahan baik dalam lingungan masyarakat yang di harapkan mampu membawa menuju kearah yang lebih baik lagi dalam berbagai hal.

2. Peran Dalam Melakukan Pembangunan.

Selain harus melakukan peran sebagai agen of change, anak muda juga di tuntut untuk melakukan peran sebagai agen pembangunan atau penerus bangsa. yang berati bahwa pemuda indonesia memiliki tanggung jawab untuk merawat, meneruskan dan melanjutkan, setelah membawa perubahan harus melakukan pembangunan dalam berbagai bidang yang di bertujuan demi kemajuan bangsa.

Baca Juga  Presiden Turun Tangan Atasi Perseteruan Anak Muda di Twitter

3. Peran Mengikuti Pembaharuan Zaman.

Sebagai anak muda yang sejak lahir di berikan kecanggihan teknologi, maka harus bisa menjalankan peran sebagai agen modernizations yang berarti agen pembaharuan bagi bangsa. Anak muda indonesia harus mampu menganalisa ataupun mengikuti perkembangan zaman dan teknologi, agar dapat memilih yang mana yang patut di pertahankan atau dirubah.

4. Membangun Pondasi Pendidikan Yang Kuat.

Salah satu permasalahan yang paling mengkhawatirkan di Indonesia adalah pendidikan. Menurut data UNESCO, Indonesia memiliki literasi (kemampuan membaca) sebesar 93.9 persen pada tahun 2015. Artinya, masih ada sekitar 6.1 persen atau sekitar 15 juta orang yang belum bisa baca tulis.

Maka dari itu Pendidikan merupakan suatu pondasi dari berbagai peranan diatas, tanpa adanya pendidikan yang kuat maka para pemuda Indonesia pastinya akan merasakan kesusahan dalam menjalankan peran mereka sebagai generasi penerus bangsa Indonesia.

5. Memiliki Peran Dalam Berkarya

Pemuda adalah generasi yang kelak akan memimpin bangsa ini, tindakan nyata dengan semangat belajar sesuai dengan kemampuan di bidangnya, untuk itu semangat dalam membuat karya perlu di lakukan oleh setiap anak muda indonesia.

Mulai dari belajar bukan dalam hal formal tetapi dari berbagai hal mulai dari belajar dari alam, lingkungan, dan pengalaman maka tidak heran jika anak muda akan menjadi pelopor pemuda berkarya dan kreatif, berikut peranan bakat dalam proses belajar psikologi pendidikan. Apalagi karyanya sampai mencapai tingkat internasional, karena indonesesia butuh anak muda, mari kita bersama sama berkarya.

Pengurus Parpol Lolos PPK, PMII Kab. Tasikmalaya: Bukti Lemahnya KPU dan BAWASLU

Previous article

Tebing Penahan Tanah di Tepi Jalan Limbangan Garut Longsor Akibat Gempa

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Gaya Hidup