Home / Berita / Garut

Kamis, 28 Juli 2022 - 00:14 WIB

Hari Sungai Nasional Momen Tingkatkan Kepedulian Terhadap Kebersihan Sungai

Gentra Priangan - 

Sungai Cimanuk Garut. Foto: Sahrul Imam/ Gentra Priangan

i

Sungai Cimanuk Garut. Foto: Sahrul Imam/ Gentra Priangan

Garut – Sejak tahun 2011 Pemerintah menetapkan 27 Juli sebagai Hari Sungai Nasional yang tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 38 tahun 2011 Pasal 74 tentang sungai.

Dengan adanya Hari Sungai Nasional, masyarakat diharapkan bisa lebih peduli tentang pentingnya menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan di sekitaran sungai.

Tujuan dari Hari Sungai Nasional yaitu untuk menggerakkan kepedulian untuk berkolaborasi menjaga kebersihan dan kelestarian sungai di sekitar kita, bukan sebagai tempat sampah raksasa.

Baca Juga  Gelar Mapaba, Kader PMII Harus Kuasai Teknologi

Peristiwa banjir yang terjadi pada tempo hari, salah satunya disebabkan oleh meluapnya Sungai Cimanuk di Kabupaten Garut. Hal itu menjadi pelajaran agar bisa lebih peduli terhadap kebersihan sungai dan kelestarian hutan juga perlu diperhatikan

Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) Kabupaten Garut Bidang Lingkungan Hidup dan Konservasi Sungai Rama Januar mengatakan, momen peringatan Hari Sungai Nasional perlu digunakan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kelestarian sungai.

“Diperingatinya Hari Sungai Nasional ini bisa dijadikan sebagai cara masyarakat meningkatkan kesadaran terhadap pentingnya menjaga kebersihan dan kelestarian sungai,” katanya kepada gentrapriangan.com, Rabu (27/07/2022).

Baca Juga  Mengenal Adelia Putri, Wakil Jabar di Ajang Puteri Pendidikan Indonesia

Rama menambahkan, untuk meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan bisa dimulai dari hal sederhana. Namun masih banyak yang belum sadar untuk melakukanya yaitu dengan tidak membuang sampah sembarangan

“Salah satu upaya menjaga kelestarian sungai  berawal dari hal paling terkecil, seperti tidak membuang sampah ke sungai dan menjaga kebersihan dan kelestarian di sekitaran bantaran sungai,” jelasnya.

Share :

Baca Juga

Berita

Kunjungi Bale Adat, Bupati Tasik: InsyaAllah Kami Bantu Pelestarian Budaya AKUR Sunda Wiwitan

Berita

Meme Telur Ceplok Bogor Viral di Twitter, Ini Reaksi Warganet

Berita

Bergerak di Kota Bogor, Humanity First Bagikan Paket Sembako

Berita

Dinilai Melawan Hukum, PMII Ancam Pidanakan Ketua PN Tasikmalaya

Berita

Hasil Tes Keluar, Seorang Pedagang di Pasar Bogor Positif Covid-19

Berita

Wagub Uu: Cara Agar Terhindar Dari Korupsi, Tingkatkan Keimanan

Berita

Jabar Sepakat Ajukan PSBB Tingkat Provinsi ke Kemenkes

Berita

Tidak Ada Upacara Bendera HUT RI di Tingkat Desa, Ini Pedoman Selengkapnya