Hari Keluarga Internasional, Sejarah dan Perkembangannya

- Penulis

Senin, 15 Mei 2023

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Gentrapriangan- Hari Keluarga Internasional adalah sebuah perayaan globa untuk menghormati dan memperkuat peran penting keluarga dalam masyarakat. Perayaan Hari Keluarga Internasional biasanya berlangsung pada tanggal 15 Mei setiap tahunnya.

Tujuan dari perayaan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya keluarga dalam mendukung perkembangan sosial, ekonomi, dan emosional individu. Pada Hari Keluarga Internasional, harapannya masyarakat di seluruh dunia mau mengambil waktu untuk menghargai dan memperkuat hubungan keluarga mereka. Serta mempromosikan nilai-nilai positif dalam lingkungan keluarga.

Meskipun perayaannya tidak memiliki pengaturan atau acara resmi yang seragam di seluruh dunia. Banyak negara dan komunitas merayakannya dengan kegiatan-kegiatan yang mengedepankan hubungan keluarga. Seperti piknik keluarga, pesta kecil, pertemuan keluarga, atau acara penggalangan dana untuk membantu keluarga yang membutuhkan.

Hari Keluarga Internasional memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk merenungkan dan memperkuat hubungan dengan anggota keluarga mereka, mendiskusikan isu-isu keluarga yang relevan, dan berkomitmen untuk mendukung keluarga sebagai unit fundamental dalam masyarakat.

Baca Juga :  Polisi Tangkap Janda Dua Anak Usai Jual Sabu di Kawasan Garut
Sejarah Dan Perkembangannya

Pada tahun 1993, Majelis Umum PBB mengadopsi Resolusi 47/237 yang menyatakan tanggal 15 Mei sebagai Hari Keluarga Internasional. Tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan kesadaran tentang isu-isu keluarga dan meningkatkan pemahaman tentang keluarga. Peranananya dalam pembangunan sosial, ekonomi, dan budaya.

Perayaan Hari Keluarga Internasional memberikan kesempatan bagi negara-negara anggota PBB, organisasi internasional, dan masyarakat sipil untuk mengadakan kegiatan yang mendukung dan mempromosikan peran positif keluarga. Setiap tahun, tema spesifik terpilih untuk mengarahkan perhatian pada isu-isu tertentu yang relevan dengan keluarga di seluruh dunia.

Sejak penetapan, perayaan hari ini telah menjadi platform penting untuk menggerakkan upaya global dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga, melindungi hak-hak keluarga, dan memperkuat hubungan keluarga di seluruh dunia. Ini juga merupakan kesempatan untuk mengatasi masalah yang dihadapi oleh keluarga, seperti kemiskinan, kekerasan dalam rumah tangga, kesenjangan gender, kesehatan keluarga, dan pendidikan.

Baca Juga :  26 Kios Kios Terbakar di Pasar Guntur Garut

Perayaan Hari Keluarga Internasional sering kali melibatkan kampanye kesadaran, seminar, lokakarya, dan kegiatan komunitas yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman tentang nilai-nilai keluarga dan mengadvokasi kebijakan yang mendukung keluarga yang kuat dan sehat.

Seiring berjalannya waktu, perayaan ini telah menjadi ajang untuk merayakan keberagaman keluarga di seluruh dunia. Mencakup berbagai bentuk keluarga dan pola hubungan. Hal ini mencerminkan pengakuan bahwa keluarga dapat terbentuk oleh ikatan darah, perkawinan, adopsi, atau hubungan lainnya. Juga bahwa keberagaman keluarga harus mendapat penghormatan dan pengakuan.

Meskipun perayaan ini berlangsung pada tanggal 15 Mei setiap tahunnya, penting untuk dicatat bahwa setiap negara dan komunitas dapat mengadakan kegiatan dan acara yang berbeda sesuai dengan konteks lokal dan budaya mereka sendiri.

Berita Terkait

Dua Desa di Garut Diterjang Longsor
Hari Pemadam Kebakaran Internasional, Selamat untuk Mereka yang Selalu Bertaruh Nyawa
Duta Pendidikan Jabar : Pendidikan Jembatan Kunci Kesuksesan Bangsa dan Negara
Pesantren Sebagai Institusi Pendidikan Sebelum Lahirnya Konsep Sekolah
Hari Pendidikan Nasional dan Cita-Cita Pendidikan Milenial
5 Tokoh Pahlawan Pendidikan di Indonesia
Refleksi May Day, Ketua PC IPNU Garut: Kita Semua Pekerja
Presiden Jokowi: May Day Momentum untuk Memperluas Kesempatan Kerja
Berita ini 7 kali dibaca

Berita Terkait

Kamis, 22 Februari 2024 - 18:49 WIB

Mengenal Reynaldi Agus Prassetiyo Finalis Putra Pendidikan Jabar

Sabtu, 10 Februari 2024 - 20:48 WIB

PMK Kembali Merebak di Garut, Diskanak Perketat Pembelian Ternak

Jumat, 9 Februari 2024 - 19:52 WIB

Mahasiswa Tasikmalaya Tanggapi Deklarasi Pemilu Damai oleh Petinggi Kampus

Kamis, 8 Februari 2024 - 21:04 WIB

Disambut 20 Ribu Santri dan Masyarakat Garut, Ganjar Sampaikan Komitmen Terhadap Guru Ngaji

Kamis, 8 Februari 2024 - 18:11 WIB

Keluarga Besar Persis Deklarasikan Dukung Anies Muhaimin di Garut

Rabu, 7 Februari 2024 - 19:46 WIB

Peringati Hari Jadi Garut, Pemda Kabupaten Garut Rilis Logo Baru

Rabu, 7 Februari 2024 - 13:07 WIB

Waspada Risiko Bencana, KPU Kota Tasikmalaya Siapkan Rumah Aman

Selasa, 6 Februari 2024 - 21:28 WIB

Presiden Jokowi Tetapkan 14 Februari Sebagai Hari Libur Nasional

Berita Terbaru