Gerakan Tasik Lawan Corona, Bentuk Pengabdian Pemuda di Tasikmalaya

- Penulis

Rabu, 29 April 2020

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Virus corona (Covid-19) telah dinyatakan sebagai pandemi oleh WHO. Pandemi bisa diartikan juga sebagai penyakit yang terjadi hampir di seluruh dunia bahkan seluruhnya. Negara yang terdampak dalam pandemi ini salah satunya adalah Negara Indonesia. Bahkan Kota dan Kabupaten Tasikmalaya juga terkena imbas dari Pandemi Covid-19 ini.

Di Tasikmalaya sudah ada beberapa orang yang telah dinyatakan sebagai ODP, PDP, bahkan Positif Corona. Tidak hanya berpengaruh terhadap kesehatan, pandemi ini telah mengakibatkan beberapa aspek kehidupan lainnya baik dari aspek ekonomi, aspek pendidikan, aspek sosial, dsb. Dalam aspek ekonomi, Pandemi ini telah mengakibatkan PHK bagi para pekerja dan banyak masyatakat yang telah dikategorikan sebagai warga miskin baru.

Penghasilan sehari-hari berkurang bahkan di luar sana banyak masyarakat yang kelaparan akibat Covid-19 ini. Dalam aspek pendidikan, pandemi ini telah mengakibatkan para pelajar dan mahasiswa terpaksa harus belajar di rumah melalui pembelajaran online. Masalahnya adalah tidak setiap guru dan para murid bisa mengoperasikan alat pembelajaran online karena terbatasnya fasilitas yang dimiliki dan ilmu yang dimiliki. Sehingga hal demikian tentu pada akhirnya akan berakibat pada efektifitas hasil pembelajaran. Dalam aspek sosial, kejahatan telah meningkat dalam kehidupan bermasyarakat.

Diduga para pelaku tersebut terpaksa melakukan kejahatan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, selain itu orang kaya berbondong-bondong menimbun bahan pokok dan alat pelindung diri untuk keperluan diri sendiri sehingga hal ini akan menjadi polemik di masyarakat.

Dengan melihat banyaknya dampak yang ditimbulkan oleh pandemi ini, semua orang tentu menginginkan pandemi ini agar segera berakhir. Untuk mengakhiri pandemi Covid-19 ini, pencegahan dan penanggulangan perlu dilakukan. Setiap elemen warga negara harus saling membantu dan bersinergi satu sama lain. Tidak hanya tugas dari Pemerintah, melainkan hal ini menjadi tugas kita bersama sebagai warga negara yang baik. Dalam rangka membantu masyarakat karena adanya virus corona ini, akhir-akhir ini banyak warga negara telah mengikuti dan aktif sebagai relawan pencegahan Covid-19 bahkan di beberapa wilayah terdapat gerakan untuk bersatu melawan virus corona. Salah satu dari gerakan tersebut muncul di wilayah Tasikmalaya. Gerakan tersebut bernama gerakan Tasik Lawan Corona.

Gerakan Tasik Lawan Corona hadir di Tasikmalaya karena perlunya tindakan nyata dari semua pihak untuk mencegah COVID-19 dengan edukasi nyata dan dunia maya. Bergerak bersama turun bersama dan bercerita saling mengingatkan merupakan kunci kesuksesan dalam gerakan ini. Menurut gerakan ini, setiap warga negara berhak menjadi bagian dan ikut serta membagikan iklim perlawanan ini. Gerakan Tasik Lawan Corona sejauh ini berasal dari para pemuda dan pemudi di Tasikmalaya baik dari kalangan mahasiswa, pelajar, dan pemuda pemudi yang sudah bekerja. Untuk bergabung dalam gerakan ini juga bisa terbilang mudah yang terpenting mempunyai niat untuk saling menyadarkan, saling menyelematkan, dan bergerak bersama untuk Tasik Lawan Corona yang tentunya harus menghubungi juga kontak gerakan ini terlebih dahulu jika ingin bergabung dalam gerakan ini.

Baca Juga :  Bupati Garut Perintahkan Satpol PP Patroli, Untuk Cegah Anak Sekolah Berkeliaran

Di dunia maya gerakan ini telah mengedukasi masyarakat Tasikmalaya dengan mengupload poster-poster pencegahan dan penanggulangan Corona melalui media sosial instagram dan melakukan open donasi berupa uang, APD, dan kebutuhan pokok. Selain itu, ketika terjun langsung ke masyarakat, gerakan ini sejauh ini telah melakukan berbagai macam kegiatan seperti pemberian paket sembako, pemberian APD di beberapa titik lokasi di Tasikmalaya, dan melakukan edukasi mengenai pencegahan Covid-19 melalui poster di beberapa bangunan warga sekitar yang ditempel dan diberikan langsung kepada masyarakat.

Baca Juga :  JAMI Kecam Pengadaan Sarung Rp. 2,8 M oleh Pemkab Tasikmalaya di Tengah Pandemi

Gerakan Tasik Lawan Corona bisa dikatakan sebagai relawan yang secara sukarela ingin memberikan bantuan dan pertolongan untuk sesama dalam rangka mencegah, menanggulangi, dan membantu masyarakat Tasikmalaya yang terdampak akibat pandemi Covid-19. Sebagai makhluk sosial yang mempunyai sisi kemanusiaan menjadi alasan untuk saling berbagi dan membantu. Gerakan ini akan terus tumbuh seiring berjalannya waktu, saat ini berbagai pemuda pemudi di Tasikmalaya sudah mulai tertarik dan mengikuti aktivitas gerakan ini untuk menyukseskan tujuan gerakan ini. Gerakan ini akan terus berjalan sampai tujuan yang hendak ingin dicapai dapat berjalan dengan baik. Dengan mulai kondusifnya kasus Covid-19 di Tasikmalaya sampai hilangnya kasus Covid-19 di Tasikmalaya. Ayo saling menyadarkan, saling menyelematkan. Bergerak bersama untuk Tasik lawan corona sebagai bentuk pengabdian kita pada kemanusiaan.

Penulis: Fahmi Miftahulzaman (Mahasiswa UPI)

Berita Terkait

Akses Jalan Singaparna Menuju Cigalontang Putus Akibat Banjir
Kota Tasikmalaya Terima Penghargaan Adipura 2023
Wisatawan Tenggelam di Curug Cimedang Ditemukan
KPU Kabupaten Tasikmalaya; Rekapitulasi Selesai Tepat Waktu
Tasikmalaya Raih Penghargaan Pada Ajang BAZNAS AWARD 2024
3 Warga Tasikmalaya Meninggal Usai Tenggak Miras Oplosan
Sejumlah Massa Serbu Rumah Pemenangan Caleg di Tasikmalaya
Mahasiswa Tasikmalaya Tanggapi Deklarasi Pemilu Damai oleh Petinggi Kampus
Berita ini 7 kali dibaca

Berita Terkait

Kamis, 13 Juni 2024 - 01:42 WIB

Akses Jalan Singaparna Menuju Cigalontang Putus Akibat Banjir

Selasa, 5 Maret 2024 - 16:35 WIB

Kota Tasikmalaya Terima Penghargaan Adipura 2023

Selasa, 5 Maret 2024 - 12:48 WIB

Wisatawan Tenggelam di Curug Cimedang Ditemukan

Selasa, 5 Maret 2024 - 09:49 WIB

KPU Kabupaten Tasikmalaya; Rekapitulasi Selesai Tepat Waktu

Jumat, 1 Maret 2024 - 14:14 WIB

Tasikmalaya Raih Penghargaan Pada Ajang BAZNAS AWARD 2024

Minggu, 25 Februari 2024 - 20:37 WIB

3 Warga Tasikmalaya Meninggal Usai Tenggak Miras Oplosan

Sabtu, 24 Februari 2024 - 17:39 WIB

Sejumlah Massa Serbu Rumah Pemenangan Caleg di Tasikmalaya

Jumat, 9 Februari 2024 - 19:52 WIB

Mahasiswa Tasikmalaya Tanggapi Deklarasi Pemilu Damai oleh Petinggi Kampus

Berita Terbaru

Momen perayaan Intimate Hearing Session Penemuan 'Kartini' di

Berita

Terinspirasi Perjuangan Kartini, Tsoht Rilis Single Terbaru

Minggu, 21 Apr 2024 - 16:40 WIB