Home / Berita / Garut

Senin, 1 Agustus 2022 - 10:20 WIB

Garut Children Festival 2022, Beri Wadah Anak untuk Berkreasi

Gentra Priangan - 

Garut Children Festival (foto: istimewa)

i

Garut Children Festival (foto: istimewa)

Garut – Forum Anak Daerah (FAD) Kabupaten Garut menggelar acara Garut Children Festival atau Gachifest Tahun 2022, yang dilaksanakan di Sarana Olahraga (SOR) R.A.A Adiwijaya (Ciateul), Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Sabtu (30/7/2022). Seratusan anak terlibat, menyajikan beberapa rangkaian acara, mulai dari konser, bazar, escape room hingga art exhibition.

Ketua FAD Garut, Cecilia Clarin, mengungkapkan rasa senangnya karena Gachifest ini merupakan acara pertama yang dilaksanakan secara offline setelah hampir 2 tahun beberapa acara harus dilaksanakan secara daring atau online.

Acara yang digelar selama dua hari ini terbuka untuk anak dan remaja, bahkan orang tua, meski harus disertai pembelian tiket.

“Nah buat temen-temen semua yang mau nonton Garut Children Festival langsung saja datang kesini bisa beli tiket on the spot di sini harganya 35.000 atau bisa pesan di Instagramnya @FADGarut nanti di sana ada how to get your on tiket gitu,” paparnya.

Ia berharap dengan Garut Children Festival ini, bisa lebih memaknai hari anak nasional dengan khidmat dengan mawadahi kreativitas anak-anak di Kabupaten Garut.

Baca Juga  Pariwisata Menjadi Sektor Unggulan Dalam Peningkatan PAD Garut

“Jadi biar anak-anaknya makin kreatif makin bahagia juga di Kabupaten Garut,” harapnya.

Salah seorang pengunjung Gachifest dari SMAN 1 Garut, Jasmine, mengatakan kegiatan ini sangat menyenangkan, bahkan ia ingin acara seperti ini berlangsung lebih lama. Ia mengungkapkan, dirinya bersama teman-teman lain sangat menikmati suguhan acara dari Gachifest ini, khususnya pada konser musik.

“Harapannya, semoga tiap tahun terus ada acaranya (Gachifest) ini,” tandasnya.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBPPPA) Garut, Yayan Waryana, yang turut hadir, menyebut kegiatan ini memberikan peluang dan kesempatan kepada anak-anak untuk berkreasi serta berekspresi menyalurkan minat kreatif untuk ditampilkan dalam sebuah konser.

“Bahwa hari anak ini adalah hari mereka, hari anak-anak kita, hari anak-anak Kabupaten Garut, hari anak-anak nasional dan kita memberikan sisi ruang gerak mereka, karena di dalam pemenuhan hak anak itu adalah sebuah kewajiban kita sebagai orang tua, pemerintah, keluarga, dunia masyarakat, dunia usaha, itu memberikan ruang-ruang khusus bagi anak,” ujar Yayan.

Baca Juga  12 Ekor Kukang Jawa Dilepasliarkan di Cagar Alam Nusa Gede Panjalu Ciamis

Ia juga mengakomodir seluruh komponen tingkatan sekolah dari mulai SMP yang dilibatkan untuk bersama-sama bergabung dalam Ririungan Barudak Garut yang bernama FAD Garut.

“Ririungan barudak Garut mendapatkan apresiasi tertinggi di Jawa Barat pada saat hari anak nasional kemarin, yang dilaksanakan di Kuningan. Alhamdulillah dengan cerdas cermat tingkat provinsi, ririungan barudak Garut (atau) FAD Forum Anak Daerah Kabupaten Garut mendapatkan juara pertama tingkat Provinsi Jawa Barat,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Garut, Usep Basuki Eko, mengapreasiasi acara yang diinisiasi oleh FAD Garut ini. Ia mengatakan akan mempersilahkan fasilitas yang dimiliki oleh pihaknya digunakan dan dimanfaatkan untuk pembangunan serta pendidikan anak.

Senada dengan Kepala DPPKBPPPA, ia menilai kegiatan Gachifest ini merupakan acara yang positif untuk tumbuh kembang anak agar menjadi lebih berkualitas.

Share :

Baca Juga

Berita

Akibat Kemarau Panjang, 6 Rumah di Salawu Mengalami Pergeseran Tanah

Berita

Pemkab Garut Resmi Canangkan Gerakan Ayo Masuk Sekolah

Garut

Tipu Petani Dengan Dana Hibah, Oknum PNS di Garut Ditangkap

Berita

Vaksin Covid-19 Akan Tiba di Tasikmalaya pada 22 Januari 2021

Berita

Sukses Digelar, Humanity First Dukung Gamarexy Cup 2020

Berita

Ribuan Mahasiswa UNIGA Ikut Pelatihan Bela Negara

Berita

Forum Kebangsaan Bogor Raya Tanggapi Surat Pelarangan Bupati Bogor untuk Ahmadiyah

Bandung

Pelaku Usaha Pariwisata di Garut Keluhkan Jalan Nasional Bandung-Garut Terendam Banjir