Home / Berita / Budaya / Garut

Kamis, 24 November 2022 - 20:38 WIB

Festival Calung di Kabupaten Garut guna Lestarikan Seni Sunda

Gentra Priangan - 

Festival Calung Kabupaten Garut, Foto: Bagja Suprianto/Gentra Priangan.

i

Festival Calung Kabupaten Garut, Foto: Bagja Suprianto/Gentra Priangan.

Garut – Setelah empat tahun vakum Paguyuban Seni Calung Garut (PSCG) Kembali menggelar acara Festival Calung antar Kecamatan se-Kabupaten Garut yang diselenggarakan  di Gedung Art Center, Jalan Proklamasi Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Kamis (24/11/2022).

Acara tersebut dapat terlaksana atas kerja sama dengan Dewan Kesenian Garut (DKG) dan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Garut.

Kegiatan FestivaL Calung ini diikuti oleh 20 peserta dari perwakilan 20 kecamatan yang berada di Kabupaten Garut.

Ketua Pelaksana Enday Kusnandar (72) yang kerap di panggil Abah Enday mengatakan acara tersebut bertujuan untuk menghidupkan kembali Seni Calung khusus nya di Garut umum nya di Jawa Barat karena seiring perkembangan zaman masyarakat yang terlahir di tanah sunda pun telah buta akan kesenian tersebut.

“Orang – orang zaman sekarang ini tidak mengenali seni calung itu apa, bahkan kaum milenial yang asli sunda pun hanya mengartikan calung itu sebuah alat musik saja. Maka dari itu kami menyelenggarakan acara ini bertujuan menghidupkan kembali sekaligus mengenalkan kepada kaum milenial juga berusaha untuk senantiasa berperan aktif dalam melestarikan seni sunda dan mengembangkan dengan kemampuan yang kami miliki,”ujar Abah Enday kepada Gentrapriangan.com, Kamis (24/11/2022).

Baca Juga :  Pembentukan BUMDes di Setiap Desa Ditargetkan Selesai Akhir Tahun

Ia juga menambahkan Festival Calung ini bukan hanya menjalankan program kerja saja tetapi sebagai media aktualisasi dan apresiasi seni sunda bagi generasi muda.

Baca Juga :  Seni Ketangkasan Domba Garut Berpotensi Memikat Turis Untuk Datang ke Jawa Barat

“Ini bukan hanya soal program kerja saja, tetapi sebagai media aktualisasi seni sunda terutama bagi generasi muda,” jelasnya,

Abah Endy Berharap, dengan diselenggarakannya acara ini Pemerintah Kabupaten Garut bisa membantu memfalisitasi para seniman seniman Calung, karena selama ini Pemerintah belum pernah sekalipun melirik kesenian asli sunda tersebut.

“Semoga pemerintah bisa membantu memberikan fasilitas kepada para seniman calung yang selama ini dirasa belu, pernah memperhatikan kesenian asli sunda ini,” harapnya.

Share :

Baca Juga

Berita

Edi Silaban Nilai Kinerja Dirjen Bimas Katolik Perlu Dievaluasi

Berita

Striker Persib Bandung Ezechiel akankah hengkang dari Persib ?

Berita

Pererat Toleransi, FORMULA Gelar Outbound Kebangsaan

Bandung

PSBB Tingkat Provinsi Jabar Dilanjutkan Secara Proporsional

Komunitas

Mars Ya Lal Wathon Bergema Dalam Peringatan HUT RI di Gereja Kota Tasikmalaya

Berita

PMII STITNU Al Farabi Pangandaran Bagikan Masker Secara Cuma-Cuma Di Pasar Pananjung

Berita

Polres Tasikmalaya Buka Stand 24 Jam di Tasik Motekar 2019

Garut

Kawah Talaga Bodas, Tempat Liburan Asik di Akhir Pekan