Home / Berita / Garut

Jumat, 31 Januari 2020 - 11:45 WIB

Dirut PT KAI Targetkan Bulan Februari Rel Kereta Api Cibatu – Garut Akan Beroperasi

Gentra Priangan - 

i

Garut – Direktur Utama (Dirut) PT Kereta Api Indonesia (KAI) Edi Sukmoro bersama jajarannya meninjau langsung kondisi jalur reaktivasi rel kereta api Stasiun Cibatu-Garut di Kabupaten Garut, Jawa Barat, untuk memastikan kelayakan kereta api agar segera dapat di operasikan.

“Rel telah tersambung dari Stasiun Cibatu hingga ke Stasiun Garut, perbaikan stasiun juga sudah hampir selesai seluruhnya, tinggal sedikit yang perlu kami selesaikan, sehingga kami optimistis jalur ini dapat segera dioperasikan,” kata Edi, Jumat (31/1/2020).

Ia mengatakan, pengecekan jalur menggunakan lokomotif atau kereta api inspeksi itu untuk memastikan kesiapan seluruh prasarana jalur rel, fungsi sinyal serta stasiun di sepanjang jalur Cibatu-Garut.

Menurut dia, proyek reaktivasi selama setahun lebih itu sudah hampir selesai dan ia menargetkan kereta api harus sudah beroperasi untuk melayani masyarakat pada Februari 2020.

“Kita mungkin akan resmikan ujicoba pada pekan kedua Februari,” ujarnya.

Baca Juga  Reaktivasi Jalur Kereta Api Cibatu-Garut Selesai Akhir Tahun Ini

Ia berharap, Dengan di aktifkannya kembali transportasi kereta api di Garut bisa meningkatkan konektivitas, membuka potensi wisata baru, dan perekonomian masyarakat Garut, sekaligus alternatif transportasi ketika jalan raya di Garut terjadi kemacetan.

“Kereta api memiliki keunggulan dalam hal keselamatan dan ketepatan waktu perjalanan dibandingkan dengan moda transportasi lain,” tegasnya.

Ia mengungkapkan sangat bangga dengan sambutan dan antusias warga Garut yang melihat proses reaktivasi kereta api hingga akhirnya bisa diselesaikan dari Stasiun Cibatu sampai Garut.

“Dukungan dan doa dari seluruh masyarakat itu sangat berguna bagi KAI untuk bisa segera mengoperasikan kereta api menuju Stasiun Garut yang sebentar lagi akan selesai,” katanya.

Jalur Cibatu-Garut berjarak 19,5 kilometer itu, kata Edi, merupakan jalur lama yang sejak tahun 1983 tidak beroperasi, dan saat ini kembali beroperasi yang terhubung menuju kota besar seperti Jakarta bahkan Surabaya.

“Pesan saya kepada masyarakat, jika nanti sudah dioperasikan mari kita jaga bersama-sama fasilitas publik ini,” pungkasnya.

Share :

Baca Juga

Berita

Menanamkan Nilai-nilai Kebaikan kepada Generasi Muda Lewat Sepak Bola

Berita

PSBB Jabar Mulai Diberlakukan Dari Tanggal 6 -19 Mei 2020

Berita

Bupati Majalengka Ajak Masyarakat Jadi Pahlawan Masa Kini

Berita

Pemkab Garut Raih Dua Anugerah Penghargaan Dalam Lomba Desa Wisata Nusatara 2019

Berita

Pariwisata Kelautan Akan Jadi Primadona di Jawa Barat

Berita

Hari Kedua Idul Fitri, Tak Ada Tambahan Kasus Covid-19 di Kota Bogor

Berita

Dinilai Melawan Hukum, PMII Ancam Pidanakan Ketua PN Tasikmalaya

Bandung

PSBB Tingkat Provinsi Jabar Dilanjutkan Secara Proporsional

Dapatkan Update Berita Dari Kami