Di Garut Kini Hadir Puslat Aerosport ‘Haruman Jingga’

- Penulis

Sabtu, 21 Desember 2019

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Garut – Kini di Garut hadir Pusat Latihan (Puslat) Aerosport “Haruman Jingga” yang berlokasi di Bukit Haruman, Desa Harumansari, Kabupaten Garut, Jawa Barat, yang di resmikan oleh Kepala Staf Angkata Udara (Kasau ) Marsekal TNI Yuyu Sutisna, Kamis (19/12/2019).

Puslat aerosport yang diprakarsai oleh Korps Pasukan Khas (Korpaskhas) TNI AU dan didukung oleh Dinas Potensi Dirgantara Angkatan Udara (Dispotdirgaau) ini, telah menambah fasilitas latihan bagi atlet-atlet paralayang dan gantole Indonesia sehingga diharapkan mampu meningkatkan jam terbang dan berkiprah serta berprestasi di ajang kompetisi internasional.

Kasau mengatakan, pembangunan Puslat Aerosport Haruman Jingga diharapkan mampu meningkatkan kesadaran Bela Negara masyarakat melalui olahraga dirgantara, menjadi ikon wisata baru di Kabupaten Garut, dan melahirkan atlet-atlet paralayang dan gantole.

“Saya selaku Kasau dan Ketua Umum Federasi Aerosport Indonesia (Fasi) sangat menyambut baik inisiatif dari Korpaskhas dalam membangun fasilitas olahraga dirgantara ini. Hal ini merupakan inovasi yang positif dalam mengembangkan potensi daerah, khususnya di Kabupaten Garut sehingga dapat berperan serta dalam meningkatkan kesadaran bela negara, membuka destinasi wisata baru, meningkatkan perekonomian masyarakat, dan mendukung pemerintah dalam mencetak atlet-atlet olahraga dirgantara untuk berprestasi di masa mendatang serta mewujudkan visi dan misi Presiden RI dalam 5 tahun ke depan untuk memajukan sektor pariwisata,” ungkapnya.

Baca Juga :  Badan Geologi Ingatkan Pemkab Garut Tentang Pentingnya Mitigasi Bencana

Bupati Garut Rudi Gunawan juga mengungkapkan pada keseempatan tersebut untuk menyampaikan ucapan terima kasih dari seluruh masyarakat Garut, terlebih lagi dibangunnya jalan pendekat yang awalnya harus menempuh jarak 11 km menjadi 3,6 km antara Kecamatan Leuwigoong dan Kedungora yang sejak tahun 1960-an sudah didambakan masyarakat. Hanya dalam waktu 1,5 bulan dapat diselesaikan prajurit Paskhas tanpa meminta bantuan Pemda.

“Jalan pendekat sekitar 4 km akan segera diaspal hotmix bulan depan, sementara lahan landing area akan dibeli oleh Pemda Kabupaten Garut dan diperuntukkan bagi fasilitas Puslat Aerosport Haruman Jingga,” jelas Bupati Garut, Rudi Gunawan yang disambut tepuk tangan hadirin.

Sementara itu, Asisten Logistik Korpaskhas Kolonel Tek Yudi Yuliadi selaku koordinator Puslat Aerosport Haruman Jingga mengatakan, puslat ini dapat terwujud berkat dukungan masyarakat Desa Harumansari melalui LMDH Buana Mukti dan KPH Garut yang mengelola area seluas 85 ha untuk sebesar-besarnya demi kesejahteraan rakyat.

Baca Juga :  Kabar Baik, Pasien Covid-19 Ketiga di Garut Dinyatakan Sembuh

Menurutnya, aspek legalitas pemanfaatan lahan hutan untuk keperluan fasilitas olahraga dirgantara ini sesuai keputusan Menteri LHK nomor SK. 4960/MenLHK-PSKL/PKPS/PSL.07/2018 tanggal 27 Juli 2018.

“Jadi di samping bermanfaat sebagai fasilitas latihan, juga untuk menjaga keamanan hutan serta pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan,” ungkap Kolonel Yudi.

Puslat Aerosport Haruman Jingga berada pada ketinggian 966 mdpl, berjarak 56 km dari Kota Bandung dan 206 km dari Jakarta. Memiliki fasilitas bumi perkemahan, teater luar ruang (amphitheater), area pedagang kecil, dan lapangan upacara.

Pada kesempatan lain, Menpora Zainudin Amali memberikan apresiasi kepada masyarakat Garut yang telah menghibahkan tanahnya untuk jalan menuju pusat latihan aerosport Haruman Jingga. Kita harus memajukan sport tourism dengan memadukan kegiatan olahraga yang dikombinasikan dengan destinasi wisata yang menarik sehingga menarik bagi wisatawan, baik dari dalam negeri maupun mancanegara.

“Saya mengapresiasi upaya Kasau sebagai Ketua Umum Fasi dalam membangun fasilitas olahraga dirgantara Haruman Jingga yang telah diwujudkan Dankorpaskhas Marsda TNI Eris Widodo.” pungkas Menpora.

Berita Terkait

Laga Klasik Liga 1 2023/2024, Persib Keluar Sebagai Pemenang
Bobotoh Tidak boleh Hadir di Stadion Saat Duel Klasik
Tim U17 Indonesia Bertekad Tembus 16 Besar
Polri Siapkan Ribuan Personel Amankan Piala Dunia U-17
Pelatih Timnas Brasil Puji Kesiapan Indonesia sebagai Tuan Rumah Piala Dunia U-17
Clement Madinda Pemain Anyar Persib Jelang Bursa Transfer Tutup
Program Pelatihan VAR untuk Kompetisi Liga Lebih Baik
Pemain Keturunan Akan Perkuat Timnas U-17
Berita ini 40 kali dibaca

Berita Terkait

Minggu, 10 Maret 2024 - 15:55 WIB

Laga Klasik Liga 1 2023/2024, Persib Keluar Sebagai Pemenang

Jumat, 8 Maret 2024 - 22:04 WIB

Bobotoh Tidak boleh Hadir di Stadion Saat Duel Klasik

Kamis, 16 November 2023 - 17:58 WIB

Tim U17 Indonesia Bertekad Tembus 16 Besar

Senin, 6 November 2023 - 20:46 WIB

Polri Siapkan Ribuan Personel Amankan Piala Dunia U-17

Senin, 6 November 2023 - 17:39 WIB

Pelatih Timnas Brasil Puji Kesiapan Indonesia sebagai Tuan Rumah Piala Dunia U-17

Jumat, 21 Juli 2023 - 13:22 WIB

Clement Madinda Pemain Anyar Persib Jelang Bursa Transfer Tutup

Kamis, 20 Juli 2023 - 13:26 WIB

Program Pelatihan VAR untuk Kompetisi Liga Lebih Baik

Kamis, 20 Juli 2023 - 13:14 WIB

Pemain Keturunan Akan Perkuat Timnas U-17

Berita Terbaru

Momen perayaan Intimate Hearing Session Penemuan 'Kartini' di

Berita

Terinspirasi Perjuangan Kartini, Tsoht Rilis Single Terbaru

Minggu, 21 Apr 2024 - 16:40 WIB