Home / Garut / Sosial

Minggu, 5 September 2021 - 22:30 WIB

Desa Ngamplang Siap Jadi Lumbung Darah di Garut

Gentra Priangan - 

Kegiatan Donor Darah di Desa Ngamplang, Kecamatan Cilawu.

i

Kegiatan Donor Darah di Desa Ngamplang, Kecamatan Cilawu.

Garut – Setiap tanggal 3 September selalu diperingati sebagai Hari Palang Merah Indonesia. Hal ini sering dijadikan momentum untuk mengingat bahwa Indonesia masih membutuhkan banyak donor darah.

Unit Donor Darah (UDD) PMI Kabupaten Garut terus berupaya melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang manfaat dari kegiatan donor darah, sehingga diharapkan tumbuh keinginan menjadi pendonor guna menjaga ketersedian darah untuk kebutuhan medis.

Untuk itu PMI Kecamatan Cilawu menggelar kegiatan donor darah yang dilaksanan di Aula Desa Ngamplang, Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut, Jumat (03/09/2021).

Ketua PMI Kecamatan Cilawu Engkos Koswara, mengatakan bahwa pihaknya terus melakukan sosialisasi sebagai bagian dari program kerja untuk memenuhi kebutuhan dan ketersedian darah dengan cara mengedukasi melalui tokoh masyarakat dari rumah ke rumah lainnya.

Baca Juga  KMPPA Jabar Gelar Lokakarya Dorong Pembentukan KPAID Garut

“Sebelum donor darah, kami menyelanggarakan sosialisasi secara dor to dor kepata tokoh masyarakat, alhamduilah antusias yang mau berdonor sangat tinggi,” ujarnya kepada Gentrapriangan com.

Engkos menambahkan, saat ini di Unit Transfusi Darah (UTD) Markas PMI Kabupaten Garut sering kosong, sedangkan masyarakat banyak yang membutuhkan. Hal itu yang menjadi motivasi pihaknya untuk terjun langsung mencari potensi pendonor darah.

“Posisi darah di UTD PMI saat ini sering kosong, warga masyarakat yang membutuhkan sampai kelabakan. Maka dari itu menjadi motivasi kami untuk terus terjun langsung mencari potensi donor darah,” katanya.

Baca Juga  Denda Pelanggar PPKM Darurat di Garut Capai 100 Juta Rupiah

Disamping itu Relawan Donor Darah asal Kampung Nyalindung, Desa Ngamplang Asep Nanu mengatakan, bahwa dirinya telah berkoordinasi dengan Kepala Desa setempat dan Pihak PMI untuk menjadikan Kampung Nyalindung sebagai lumbung darah di Kabupaten Garut.

“Berkat antusias yang tinggi dari para relawan, saya telah melakukan koordinasi dengan kepala desa dan pihak PMI untuk menjadikan khususnya kampung saya (Nyalindung) menjadi lumbung darah di Kabupaten Garut,” pungkasnya.

Share :

Baca Juga

Berita

3 Ribu Pelamar CPNS Tidak Lulus tahap administrasi, Bisa Lakukan Sanggahan, ini kata wakil bupati

Garut

Dengan Protokol Kesehatan, Universitas Garut Gelar Wisuda Tatap Muka

Garut

RM Sugema Raya Tawarkan Puluhan Menu Masakan dengan Konsep Parasmanan

Berita

Perum Cempaka Garut Diisolasi, Sopir Angkot Mogok Jalan

Berita

Longsoran Batu Besar Tutup Jalan Raya Garut-Pameungpeuk

Berita

Pemkab Garut Bangun Fasilitas Air Bersih di Sekolah, Sambut Persiapan Sekolah Tatap Muka

Berita

Longsor Tutup Akses Jalan Penghubung Garut-Tasikmalaya, 10 Rumah Terancam

Garut

Melihat Pesona Garut dari Bukit Parama Satwika