Home / Budaya / Garut

Kamis, 13 Agustus 2020 - 09:07 WIB

Cindy Nabila, Millenial Pecinta Seni Ketangkasan Domba Garut

Gentra Priangan - 

i

Garut – Bagi masyarakat Kabupaten Garut, Jawa Barat, seni ketangkasan adu domba adalah sebuah tradisi, sekaligus budaya yang telah mendarah daging dan turun temurun di masyarakat sejak lama.

Namun seiring berkembangnya zaman dan teknologi terkadang kita lupa akan jati diri kebudayaan kita. Tetapi upaya melestarikan kebudayaan harus tetap di jalankan.

Salah satunya dilakukan oleh perempuan muda asal Garut, Cindy Nabila (16).

Cindy mengaku, menyukai seni ketangkasan domba Garut sejak kecil, awalnya karena sering diajak oleh orang tua ikut ke kalang.

“Seni Ketangkasan adu domba Garut ini adalah sebuah kesenian yang memang benar benar asli dari Garut dan saya menyukai seni ketangkasan domba Garut bahkan sejak kecil saat masih PAUD, Awalnya sering di ajak oleh orang tua ke kalang domba dan dari situ ada ketertarikan untuk bisa melestarikan agar kesenian ini tidak punah”, katanya saat ditemui gentrapriangan.com, Rabu(12/07/2020).

Baca Juga  Desa Kersamenak Garut Salurkan BLT Dengan Tepat Sasaran

Ia melanjutkan, selama terjun mengikuti kegiatan seni ketangkasan adu domba garut memiliki berbagaia pengalaman menarik, yaitu salah satunya saat menjadi bobotoh domba di kalang dirinya pernah terjatuh.

“Pernah punya pengalaman terjatuh di kalang, karena saat itu ukuran domba lebih besar dari pada saya, jadi ga bisa menyeimbangkan sampai terjatuh”, ujarnya.

Di samping itu, Neng Hariyati ibu cindy nabila dari padepokan brinka garut menjelaskan, bahwa keluarganya sangat menyukai seni ketangkasan domba garut dan akan terus melestarikanya supaya tidak punah begitu saja.

Baca Juga  Sarang Tawon yang Mengakibatkan Korban Meninggal, Kini Sudah Dievakuasi

“Saya sekeluarga sangat menyukai seni ketangkasan domba garut ini dan akan terus melestarikan supaya tidak mudah punah begitu saja ,”ujarnya

Ia mengatakan, sejak kecil ia sudah mengenalkan dan mengajak anaknya cindy nabila untuk ikut melestarikan seni ketangkasan domba garut.

“Karena kami sekeluarga sangat menyukai kesenian ini, saya juga berusaha mengenalkan kesenian ini kepada anak saya dengan cara mengajak terjun langsung, dan alhamdulilah anaknya juga ternyata menyukai kesenian ini”, jelasnya.

Share :

Baca Juga

Budaya

Seni Lais yang Hampir Punah

Berita

26 Kios Kios Terbakar di Pasar Guntur Garut

Berita

Helmi Budiman Terpilih Menjadi Ketua Kwarcab Pramuka Kabupaten Garut

Garut

Seblak Mewek Menjadi Favorit di Kalangan Anak Muda Garut

Budaya

Kampung Dukuh Budaya Tak Ternilai di Kota Intan

Berita

Mahasiswa Uniga Tuntut Keringanan Biaya Kuliah

Berita

Protes Syarat Usia CPNS, Ribuan Guru Honorer di Garut Gelar Demonstrasi

Berita

Para Wisatawan Resah Tentang Jalan Cikembulan