Home / Cek Fakta

Jumat, 16 Juli 2021 - 16:31 WIB

[Cek Fakta] Beredar Link Kuota Belajar Kemendikbud 75 GB dan Subsidi Pulsa 250 Ribu

Gentra Priangan - 

i

Beredar sebuah link dengan narasi bahwa Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) memiliki program kuota belajar pulsa 250rb dan kuota 75GB untuk dosen, guru, siswa, mahasiswa, selama pembelajaran jarak jauh periode Juni!!

Tautan dengan link http://kuotabelajaronline.one/?v=Subsidi75GB banyak tersebar di grup-grup WhatsApp baru-baru ini, dan disebut akan berakhir pada 17 Agustus 2021.

Dalam pesan berantai tersebut, pendaftar diminta masuk ke link yang diberikan. Dalam link tersebut mencatut beberapa provider telekomunikasi.

Baca Juga  Mengenang 15 Tahun Tsunami, PMII Pangandaran Gelar Do'a Bersama

Cek Fakta:

Dari penelusuran kami, klaim bahwa link itu berkaitan dengan program kuota belajar dari Kemendikbud, adalah salah. Faktanya, ini kabar bohong lama yang kembali beredar di tengah masyarakat.

Klaim link pendaftaran untuk mendapatkan bantuan tunai pulsa sebesar Rp200 ribu dan kuota 75GB untuk mahasiswa, siswa, guru dan dosen adalah SALAH [FABRICATED CONTENT].

Baca Juga  Gowes ke Situ Bagendit, Sandiaga Uno: Saya Menikmatinya

Faktanya, link pada pesan berantai tersebut diduga modus penipuan upaya phising atau peretasan yang dapat bermula dari link atau situs tertentu jika sempat di-klik penerima pesan.

Rujukan:

Informasi resmi pemerintah mengenai program Kemendikbud Ristek bisa di akses di kemendikbud.go.id

Share :

Baca Juga

Cek Fakta

Viral! Daerah Kena Sanksi Jika Berlakukan Lockdown, Cek Faktanya

Dapatkan Update Berita Dari Kami