Home / Berita / Tasikmalaya

Rabu, 2 Juni 2021 - 15:00 WIB

ABCD Peringati Hari Lahir Pancasila Dengan Upacara dan Olahraga Bersama

Gentra Priangan - 

ABCD gelar peringatan Hari Lahir Pancasila (foto: GentraPriangan)

i

ABCD gelar peringatan Hari Lahir Pancasila (foto: GentraPriangan)

Tasikmalaya – Aliansi Bersama Cinta Damai (ABCD) menggelar peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni dengan upacara bendera dan kompetisi voli ball bertempat di Lapangan Babakan Sindang, Desa Cipakat, Kecamatan Singaparna, Tasikmalaya, Selasa, (1/6/2021).

Ketua Panitia Yoga Arif Maulana mengatakan, peringatan hari pancasila pada tahun ini masih diperingati di tengah isu intoleransi yang masih tinggi.

“Kegiatan ini sebagai ajang silaturahmi degan agenda olahraga bersama, di tengah kegelisahan bangsa saat ini seyogyanya semangat toleransi kebangsaan di aktualkan kembali, toleransi tak selalu berarti kompromi atau sikap setuju tetapi upaya berkonfrontasi terhadap pendapat orang lain melalui cara yang tepat, konfrontasi dalam toleransi bukanlah sikap tidak suka melainkan menyuarakan sikap tidak setuju secara elegan dan bermartabat,” Kata Yoga.

“Sikap tidak suka kerap di latar belakangi oleh argumentasi primordial dan rasial, sikap ini cenderung berbuah prasangka dan asumsi negatif terhadap pihak lain dan keunikannya, toleransi Kebhinekaan menegaskan keragaman dalam kesatuan dan kesatuan sehingga marilah kita merawat kehidupan sosial bermasyarakat yang harmonis tanpa ada sekat ataupun tanpa ada rasa kebencian,” lanjut Yoga yang juga sebagai Sekretaris PC Pagar Nusa Kab. Tasikmalaya.

Baca Juga  Rekomendasi 5 Pantai di Garut yang Cocok Untuk Liburan Akhir Pekan

Sementara itu, Opan Sopyan yang bertindak sebagai pembina upcara menyampaikan, kegiatan hari ini harus dijadikan momentum silaturahmi dan memperkuat kesatuan menanamkan nilai-nilai Pancasila dalam keberagaman.

“Pancasila sebagai dasar negara telah mengilhami kemerdekaan bangsa Indonesia begitupun para tokoh besar pendiri bangsa menjadikan Pacasila sebagai landasan berpikir untuk berjuang, begitupun kita sebagai generasi penerus yang hari ini hidup di tengah hirup pikuk dan beberapa penurunan segi moral etika dan sebagainya,” ujar Opan.

“kita semua harus menjadikan kembali Pancasila sebagai landasan berpikir, ketika pancasila di jadikan sebagai indeologi cara berpikir yang sama bangsa indonesia akan kembali seperti yang akan kita harapkan,” harapnya.

Baca Juga  Masjid Agung Manonjaya Perpaduan Arsitektur Eropa-Sunda

Senada dengan Opan, Ketua DPD JAI Tasikmalaya Nanang Ahmad Hidayat berharap, pancasila menjadi landasan masyarakat dalam melakukan sesuatu sehingga tidak ada lagi segala bentuk diskriminasi dan intoleransi karena pancasila didirikan oleh para pendiri bangsa yang beragam.

“Diharapkan dengan adanya kegiatan ini sebagai ajang memperkuat silaturahmi antar organisasi, dan juga untuk memperkuat nilai nilai pancasila di karenakan di masyarakat sendiri nilai-nilai itu mulai tergerus, yang diharapkan tidak adanya lagi diskriminasi kepada kelompok kelompok masyarakat karena pancasila lahir dari seluruh pemikiran Bangsa,” pungkasnya.

Dalam kegiatan ini turut dihadiri berbagai organisasi yang tergabung dalam ABCD seperti JAI, PMII, Pagar Nusa, KMRT, JAMI, Khuddam dan AMSA.

Share :

Baca Juga

Berita

Uu Apresiasi Diresmikannya Santri Tani Milenial

Berita

Diskon Tarif Dibatasi Kemenhub, Konsumen Ojek Online Kecewa

Berita

Kini Naik Angkot di Garut Bisa Pakai Aplikasi

Berita

Tekan Angka Kecelakaan, Polres Tasikmalaya Gelar Milenial Road Safety

Nasional

Tersangkut Meikarta, KPK Tetapkan Sekda Jabar Tersangka

Inspirasi

Gokil! Curhat Soal Nikah Muda, Pemuda Bogor Ini Terbitkan Buku

Berita

Pemkab Garut Berencana Kembangkan Potensi Wisata Gunung Sadahurip

Berita

Pemkab Garut Terapkan Tanda Tangan Digital