5 Terapi Strategi Kesehatan Mental Asia

- Penulis

Rabu, 10 Mei 2023

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Gentrapriangan- Sebanyak satu dari dari tiga remaja berusia 10-17 tahun di Indonesia ternyata telah mengalami gangguan kesehatan mental. Angka tersebut setara dengan 15,5 juta remaja di tanah air.

Gangguan kecemasan menjadi gangguan mental paling banyak diderita oleh remaja. Yakni 3,7%. Gangguan mental tersebut merupakan gabungan antara fobia sosial dan gangguan cemas secara menyeluruh.

Data ini berdasarkan hasil survei Indonesia National Adolescent Mental Health Survey (I-NAMHS) pada tahun 2022 lalu melalui laman dataindonesia.id

Posisi selanjutnya adalah gangguan depresi mayor dengan proporsi 1%. Masalah kesehatan mental berikutnya adalah gangguan prilaku sebesar 0,9%.

Pengobatan Kesehatan Mental

Namun hanya sedikit remaja yang mencari bantuan professional untuk menangani masalah kesehatan mental. Berdasarkan data survey tersebut tercatat hanya sebesar 2,6 %.

Beberapa ahli kesehatan telah menyarankan tips atau srtategi kesehatan mental yang telah dicoba dan diuji dan yang dirancang untuk meningkatkan kesehatan mental dan membantu meringankan gejala gangguan kesehatan yang umum, seperti kecemasan, depresi dan PTSD.

Sementara mendapatkan bantuan professional seperti mendatangi psikolog atau psikiater adalah langkah yang maju dan bagus untuk meningkatkan kesehatan psikologis dan emosional seseorang.

Namun jika karena kondisi tidak atau belum memungkinkan untuk akses ke psikolog atau psikiater ada baiknya mencoba strategi terapi yang telah ada beberapa ribu tahun yang lalu.  Beberapa terapi strategi kesehatan mental ini berasal dari beberapa negara di Asia.

Berikut ini 5 terapi strategi kesehatan mental yang berasal dari beberapa Negara di Asia dari laman verywellmind :

1. Pengobatan Herbal

Beberapa pengobatan yang berasal dari tanaman herbal bisa menjadi alternatip pengobatan terapi pemulihan kesehatan mental. Terapi Pengobatan Tradisional Cina (TCM), yang memanfaatkan beberapa tumbuhan untuk membantu mengobati beberapa kondisi medis, seperti stroke, penyakit pernapasan, kecemasan, dan gangguan kesehatan mental lainnya.

Baca Juga :  Mengenal Komunitas Reptil di Tasikmalaya

Media obatnya berbentuk ramuan herbal seperti jamu dan bentuknya bisa dalam bentuk kapsul, teh, atau bubuk. Praktek pengobatan tradisional ini sudah berusia ribuan tahun. Pengobatan herbal ini berasal dari dinasti Zhou di Cina lebih dari 3000 tahun yang lalu.

2. Yoga

Senam pernapasan Yoga memiliki beberapa manfaat antara lain; menurunkan detak jantung, meningkatkan kualitas tidur, menghilangkan stress, dan membantu mengatasi rasa sakit dan nyeri secara umum.

Kata yoga secara tradisional berasal dari kata sanskerta Yuj, yang mempunyai arti bergabung dan bersatu. Yoga berasal dari Lembah Indus Saraswati India kuno pada 27.000 SM. Yoga sendiri sudah dipraktekan di India dengan cara yang sangat spiritual, yang pada intinya sebagai sarana untuk lebih mendekatkan diri dengan Tuhan.

Namun manfaatnya apabila latihan yoga ini dilakukan secara rutin dan konsisten dapat dianggap sebagai rutinitas kesehatan, yang akan didapatkan tentunya kesehatan mental dan fisik.

3. Meditasi

Penelitian menunjukan bahwa latihan meditasi secara konsisiten beberapa menit sehari dapat memperbaiki otak seseorang. Juga membantu memperbaiki gejala beberapa gangguan kesehatan mental termasuk kecemasan, depresi, PTSD, iritasi, dan akut.

Ahli Arkelogi telah menemukan bahwa meditasi berasal dari India antara sekitar 5000 hingga 3.500 SM. Pada abad ke-20 Swami Vivekananda memperkenalkan system Meditasi ke Negara Amerika Serikat.

Baca Juga :  5 Penyebab Penyakit Stroke yang Wajib diwaspadai
4. Taichi

Merupakan bentuk meditasi dalam gerakan, perpaduan gerakan lembut dan postur fisik yang terkait dengan pernapasan. meditasi ini merupakan bentuk qigong yang paling popular dengan perbedaan yang halus melibatkan kerumitan gerakan.Manfaat Taichi diantaranya membantu keseimbangan, kekuatan otot, membantu menenangkan pikiran dan tubuh, serta membantu menghilangkan stress.

Taichi berasal dari Tiongkok kuno dimana pada awalnya digunakan sebagai latihan seni bela diri, dan hal tersebut dijelaskan dalam sebuah buku yang berjudul “Yi Jing” 3000 tahun yang lalu.

5. Ayurveda

Ayurveda adalah system penyembuhan kompleks yang berasala dari India lebih dari 3000 tahun yang lalu. Pengobatan alternative kuno ini berpatokan kepada sebuah system kepercayaan bahwa penyakit disebabkan oleh ketidak seimbangan atau adanya tekanan dalam kesadaran seseorang.

Kata “Ayur” yang artinya kehidupan dan “veda” yang berarti ilmu atau pengetahuan yang asal katanya dari bahasa sanskerta.

Terapi Ayurveda sangat banyak berdasarkan dosha, atau konstitusi spesifik seseorang, mulai dari pengobatan herbal, pijat, hingga perawatan kulit dan perubahan pola makan.

Secara umum manfaat terapi Ayurveda di antaranya menurunkan berat badan, menghilangkan stress, dan meningkatkan rasa ketenangan atau kesejahtraan secara keseluruhan.

Itulah 5 strategi terapi untuk penyembuhan kesehatan mental melalui praktek pengobatan alternatif tradisional yang berasal dari beberapa Negara di Asia dan telah ada sejak ribuan tahun yang lalu. Tentunya masih banyak lagi pengobatan alternatif. lainnya. Semoga bermanfaat.

Penulis: Nanang

Berita Terkait

Mengetahui Batik Khas Garutan yang Tembus Pasar Dunia
Atychiphobia, Takut Gagal berlebihan, Berikut Gejala, Penyebab dan Penanganannya
6 Obat Herbal Mengobati Radang Tenggorokan, Mudah, Aman, dan Alami
Kabar Baik, Hasil Studi, Berikut Kegiatan Mencegah Risiko Diabetes
Inilah 6 Manfaat Daun Jambu Biji yang Wajib Diketahui Untuk Kesehatan
Berikut 7 Manfaat Berenang, Salahsatunya Bagus Untuk Kesehatan Jantung
Hari Tanpa Tembakau sedunia, WHO Desak Pemerintah Hentikan Subsidi Pertanian Tembakau
Sering Cemas dan  Panik?, Coba Lakukan Teknik Grounding
Berita ini 37 kali dibaca

Berita Terkait

Kamis, 22 Februari 2024 - 18:49 WIB

Mengenal Reynaldi Agus Prassetiyo Finalis Putra Pendidikan Jabar

Sabtu, 10 Februari 2024 - 20:48 WIB

PMK Kembali Merebak di Garut, Diskanak Perketat Pembelian Ternak

Jumat, 9 Februari 2024 - 19:52 WIB

Mahasiswa Tasikmalaya Tanggapi Deklarasi Pemilu Damai oleh Petinggi Kampus

Kamis, 8 Februari 2024 - 21:04 WIB

Disambut 20 Ribu Santri dan Masyarakat Garut, Ganjar Sampaikan Komitmen Terhadap Guru Ngaji

Kamis, 8 Februari 2024 - 18:11 WIB

Keluarga Besar Persis Deklarasikan Dukung Anies Muhaimin di Garut

Rabu, 7 Februari 2024 - 19:46 WIB

Peringati Hari Jadi Garut, Pemda Kabupaten Garut Rilis Logo Baru

Rabu, 7 Februari 2024 - 13:07 WIB

Waspada Risiko Bencana, KPU Kota Tasikmalaya Siapkan Rumah Aman

Selasa, 6 Februari 2024 - 21:28 WIB

Presiden Jokowi Tetapkan 14 Februari Sebagai Hari Libur Nasional

Berita Terbaru