Home / Kuliner

Minggu, 13 Desember 2020 - 07:06 WIB

5 Makanan Populer Khas Jawa Barat dari Singkong yang Wajib Dicoba

Gentra Priangan - 

Comro, salah satu makanan khas Jawa Barat/Sunda yang terbuat dari singkong. (Youtube/Sekilas Info)

i

Comro, salah satu makanan khas Jawa Barat/Sunda yang terbuat dari singkong. (Youtube/Sekilas Info)

BANDUNG-Suku Sunda menjadi suku terbesar yang mendominasi provinsi Jawa Barat. Salah satu keunggulan yang dimiliki dari Suku Sunda ini adalah kulinernya  yang lezat dan sangat beragam.

Namun makanan populer khas Jawa Barat dari singkong malah menjadi produk kuliner yang iconic dari daerah Sunda ini.

Singkong memang kaya akan karbohidrat yang bisa memberikan efek cepat kenyang sehingga tidak heran banyak yang menggunakannya sebagai salah satu bahan dasar pembuatan produk kuliner.

Beragam Makanan populer khas Jawa Barat dari Singkong 

Di Jawa Barat singkong bukan hanya diolah sebagai makanan yang digoreng atau direbus, tetapi juga menjadi beragam makanan yang unik seperti beberapa camilan berikut ini!

Comro
Comro yang merupakan salah satu makanan populer khas Jawa Barat dari singkong. Cemilan ini terbuat dari bahan dasar singkong dan menggunakan oncom yang sudah disambal sebagai isiannya. Oncom merupakan makanan yang terbuat dari kacang yang difermentasi menggunakan ragi. Pada umumnya comro berbentuk bulat walaupun ada yang membuatnya dengan bentuk lonjong. Selain itu comro juga memiliki cita rasa gurih dan sedikit pedas.

Baca Juga  RM Sugema Raya Tawarkan Puluhan Menu Masakan dengan Konsep Parasmanan

Peuyeum
Tape gantung atau yang lebih dikenal dengan sebutan peuyeum juga merupakan makanan populer khas Jawa Barat dari singkong yang diolah dengan cara fermentasi. Proses fermentasi camilan yang satu ini menggunakan jumlah ragi dua kali lebih banyak daripada jumlah untuk tape biasa. Bukan hanya itu, peuyeum juga diketahui memiliki tekstur yang lebih kering dan keras.

Misro
Misro juga merupakan makanan khas Jawa Barat yang terbuat dari singkong yang diberi isian berbahan dasar gula merah. Camilan ini memiliki cita rasa manis yang akan membangkitkan mood untuk ngemil. Apalagi sekarang misro sudah diproduksi dengan beragam isian seperti cokelat, stroberi, keju, bahkan aneka ragam selai.

 

Putri Noong

Putri noong atau dikenal sebagai ‘putri yang mengintip’ ini merupakan salah satu jajanan Khas Jawa Barat yang memiliki rasa manis bercampur gurih. Camilan tradisional ini berbentuk mungil dan warna-warni serta terbuat dari singkong parut yang diisi pisang. Kue kukus ini juga selalu tampil menarik dengan taburan parutan kelapa sebagai hiasan pada saat penyajian.

Baca Juga  Nasi Tutug Oncom, Murah, Nikmat Khas Tasikmalaya

Colenak
Colenak merupakan revolusi dari peuyeum yang dikenalkan pertama kali oleh Aki Murdi pada tahun 1930-an. Untuk menikmati colenak kamu hanya perlu mengolah peuyeum dengan cara membakarnya. Kemudian sajikanlah hasil bakaran tersebut dengan parutan kelapa dan gula merah yang dicairkan.

Itulah makanan populer khas Jawa Barat dari singkong yang unik dan enak. Selain Sunda, sebenarnya daerah lain di Indonesia juga memiliki kuliner atau jajanan khas yang perlu diketahui oleh masyarakat terutama genarasi muda. Bisa dicari dari buku ataupun melalui berbagai website ilmu pengetahuan 

Oh iya, dari beberapa jajanan khas tersebut, mana nih yang sudah pernah kamu cicipi? (dm/adv)

Share :

Baca Juga

Kuliner

Tempat Pemadam Kelaparan di Jalur Perbatasan Garut-Tasikmalaya

Garut

RM Sugema Raya Tawarkan Puluhan Menu Masakan dengan Konsep Parasmanan

Garut

Kedai Ngopi di Garut ini Bebaskan Pembeli Bayar Seikhlasnya

Garut

Seblak Mewek Menjadi Favorit di Kalangan Anak Muda Garut

Kuliner

Viral, Resep Oreo Cake Kekinian! Cuma Dua Bahan, Anti Gagal

Kuliner

Nasi Tutug Oncom, Murah, Nikmat Khas Tasikmalaya

Garut

Tingkatkan Perekonomian Petani Garut, Pemkab Gelar Festival Kopi

Kuliner

Waroeng Ki Abah, Tempat Hang Out Favorit di Garut